Beranda Pemerintahan Bantuan Keuangan Pemprov Banten untuk Kota Serang Berkurang

Bantuan Keuangan Pemprov Banten untuk Kota Serang Berkurang

Juheni M Rois (berkemaja putih) saat berbincang dengan PJ Walikota Serang Yedi Rahmat. (IST)

BANTEN – Bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Banten untuk Kota Serang berkurang dibandingkan tahun lalu. Tahun ini Pemkot Serang  mendapatkan bankeu sebesar Rp16 miliar, menurun dibandingkan tahun lalu yang mendapatkan Rp25 miliar.

Penurunan jumlah bankeu ini terungkap saat reses anggota DPRD Banten Juheni M Rois di Puspemkot Serang, Jumat (2/2/2024). Reses ini dihadiri PJ Walikota Serang Yedi Rahmat dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Serang.

Juheni berharap bantuan keuangan untuk Kota Serang dapat lebih ditingkatkan terlebih Kota Serang sebagai ibukota Provinsi Banten yang masih sangat membutuhkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Banten.

“Kami berharap untuk 2025 kedepan bankeu untuk Pemkot Serang itu harus diperhatikan mestinya jangan sampai turun, minimal sama dengan 2023 kemarin” ujar politisi PKS ini.

Menurutnya, Pemkot Serang butuh bantuan keuangan lebih besar untuk penataan wilayah, terutama dalam peningkatan infrastruktur.

“Tadi kita lihat data sekolah dasar (SD) saja yang rusak tadi saya dengar datanya dari Kepala Dinas Pendidikan itu prihatin sekali, saya kira ini perlu dibantu butuh sekitar miliar untuk perbaikan SD di Kota Serang. Saya fikir ini perlu support dari pihak provinsi secara keseluruhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan ini,” ujarnya.

Kepala Bappeda Kota Serang Ina Linawati usai menghadiri reses membenarkan pengurangan jumlah bankeu ini. Menurutnya, anggaran bankeu sebesar Rp16 miliar sangat minim untuk Pemerintah Kota Serang yang mengemban status sebagai Ibukota Provinsi Banten,

“Bankeu untuk tahun 2024 besaran yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi untuk kota serang sebesar 16 Miliyar, namun kami masih menunggu surat resmi untuk Kota Serang terkait penyaluran bankeu tersebut,” ujarnya.

Ina berharap Pemprov Banten bisa menambah bantuan keuangan untuk Kota Serang. “Kemampuan kapaistas keuangan Kota Serang masih bergantung sekali demgan dana bantuan transfer baik itu dari pusat maupun dari provinsi. Ini terkait penataan Kota Serang agar lebih tertata dan terlihat cantik sehingga wajah Kota Serang sebagai ibukota provinsi  sangat terliha,” ujar Ina.

Pj Walikota Serang Yedi Rahmat mengatakan beberapa usulan telah disampaikan Pemerintah Kota Serang dalam reses, terlebih terkait bantuan keuangan yang diharapkan ditambah oleh Pemerintah Provinsi Banten.

(ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini