Beranda » Slang Word pada Remaja Millennial di Media Sosial

Slang Word pada Remaja Millennial di Media Sosial

Ada yang sudah tahu belum slang word itu apa? Oke sekarang kita bahas sedikit mengenai slang word itu apa. Slang word atau kita kenal dengan “Bahasa Gaul” adalah bahasa yang sering digunakan oleh kalangan ramaja millennial untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Bahasa ini digunakan untuk ekspresi rasa keakraban oleh para pemakainya. Kehadiran bahasa gaul dianggap wajar karena sesuai dengan tuntutan perkembangan nurani anak usia remaja. Bahasa gaul ini, tidak termasuk kedalam kamus besar sehingga agak sulit untuk dimegerti dan menuntut kita untuk menyadari dan memahami sendiri arti dari setiap kata yang di lontarkan oleh lawan bicara.
Penggunaan bahasa gaul juga merambat di media sosial karena semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi maka semakin luas juga penggunaan bahasanya. Salah satu bahasa gaul yang sering digunakan adalah singkatan dan akronim. Singkatan adalah pelafalan berdasarkan huruf per huruf, sedangkan akronim adalah pelafalan sebagian suku kata.

Berikut adalah bentuk slang word remaja millennial di media sosial:

A. Bentuk singkatan atau pemendekan dalam slang word

1. TBL
Singkatan dari “Takut Banget Loh” biasanya diucapkan ketika seseorang takut akan situasi tertentu.

2. TIA
Singkatan dari “Thank In Advance” kata slang Bahasa inggris yang artinya: Terima kasih sebelumnya.

3. WAHYU
Singkatan dari “WAH thank YoU” yang artinya: Wah Terima Kasih.

4. OTW
Singkatan dari “On The Way” yang artinya: Sedang Di Jalan. Kata ini ditujukan bagi seseorang yang sedang atau berproses dalam melakukan sesuatu, bisa juga digunakan saat di perjalanan.

5. FYI
Singkatan dari “For Your Information” yang biasanya diucapkan ketika akan memberikan sebuah informasi baru.

6. CMIIW
Singkatan dari “Correct Me If I’m Wrong” yang artinya: Koreksi Aku Jika Aku Salah. Kata ini ditujukan bagi seseorang yang mungkin menyampaikan sesuatu yang tidak benar, maka kita meminta seseorang untuk mengkoreksi jika ia tahu yang benar.

7. LOL
Singkatan dari “Laugh Out Loud” yang artinya: Tertawa Terbahak-bahak.

8. CO
Singkatan dari “Check Out” kata ini biasanya sering digunakan untuk pengguna belanja online untuk memastikan barang disimpan dengan benar kemudian akan dibeli.

9. PC
Singkatan dari “Personal Chat” yang artinya: Pesan Pribadi. Biasanya kata ini ditujukan untuk seseorang yang ingin mengirim pesan secara pribadi.

10. POV
Singkatan dari “Point Of View” yang artinya: Sudut Pandang Atau Pendapat. Biasanya kata ini merujuk kepada seseorang yang memberikan pendapat atau sudut pandang dari sesuatu.

B. Bentuk akronim dalam slang word

1. ASKOT
Akronim dari “Asal Kota” ditujukan bagi seseorang yang baru pertama kali kenal dengan seseorang di media sosial.

2. MANJIW
Akronim dari “Mantap Jiwa” biasanya kata ini sering diucapkan untuk mengekspresikan seperti pujian dalam bentuk kekaguman terhadap suatu hal tertentu.

3. POSDIM
Akronim dari “Posisi Dimana” biasanya kata ini sering diucapkan untuk menanyakan dimana seseorang itu sedang berada.

4. JAMBER
Akronim dari “Jam Berapa” biasanya kata ini ditujukan untuk menanyakan waktu kepada seseorang.

5. KULON
Akronim dari “Kuliah Online” yang biasanya ditujukan untuk menjawab situasi tertentu.

6. NOBAR
Akronim dari “Nonton Bareng” yang biasanya ditujukan untuk seseorang yang melakukan aktifitas menonton bersama-sama.

7. MABAR
Akronim dari “Main Bareng” yang biasanya ditujukan untuk seseorang yang hendak melakukan aktifitas bermain bersama seperti bermain game.

8. MAGER
Akronim dari “Males Gerak” kata ini sering digunakan untuk mengungkapkan rasa malas untuk melakukan sesuatu atau tidak ingin melakukan aktifitas apapun.

9. PANSOS
Akronim dari “Panjat Sosial” menunjukan kepada seseorang yang mengambil kesempatan untuk terkenal.

10. SALKIR
Akronim dari “Salah Kirim” ditujukan seseorang yang salah mengirim pesan.

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpukan bahwa masih banyak slang word yang bisa digunakan untuk menggantikan sebuah kalimat atau percakapan sehari-hari. Slang word merupakan bahasa yang digunakan oleh suatu kelompok untuk berkomunikasi dalam jangka waktu tertentu dan biasanya bersifat musiman atau tidak abadi. Setiap orang dapat menciptakan slang word dalam kondisi apapun yang mendukung pembuatan slang word tersebut. Tidak dapat di pungkiri semakin pesatnya perkembangan teknologi maka semakin berkembangnya pula slang word ini, karena lahir dari keanekaragaman dan variasi bahasa yang semakin luas dalam Bahasa Indonesia itu sendiri, meskipun banyak yang beranggapan bahwa slang word dapat merusak tataran dari Bahasa Indonesia tetapi menurut saya jika digunakan untuk situasi yang pas itu tidak masalah, justru dapat meningkatkan kreatifitas remaja millennial dalam menciptakan kata-kata yang unik sesuai dengan perkembangan jaman. Saya harap dengan adanya artikel ini semoga bermafaat bagi para pembaca dan dapat membantu pemahaman para pembaca. kita dapat dengan bijak memakai kata slang word ini sesuai dengan situasinya.

Bagikan Artikel Ini