Kota Serang, Di era teknologi yang sudah serba canggih dimana semua bisa diakses secara online melalui aplikasi pemerintah di kota Serang menyediakan layanan aduan aplikasi RABEG untuk meingkatkan sarana pelayanan aduan untuk masyarakat aplikasi ini sudah berjalan sejak tahun 2017 dan di sambut dengan antusias oleh masyarakat, RABEG merupakan sinngkatan dari “Reaksi Atas Berita Warga”.
Penerapan aplikasi ini termasuk salah satu layanan e-Government yang disediakan oleh pemerintah, dengan adanya layanan aduan melalu aplikasi masyarakat jadi lebih mudah dalam memberikan kritik atau saran mengenai kekurangan layanan yang telah disediakan oleh pemerintah.
Namun masih banyak warga Serang yang belum tau mengenai aplikasi ini sehingga jumlah penggunanya masih sedikit, sehingga membutuhkan sosialisasi khususnya untuk warga serang agar menggunakan aplikasi RABEG sebagai sarana untuk memberi kritik dan saran agar pemerintah kota serang bisa membaca dan mengevaluasi mengenai layanan publik kedepan nya.
Diskominfo Kota Serang juga berupaya meningkatkan pemanfaatan sistem informasi dan layanan publik melalui aplikasi RAGEM dengan membangun jaringan internet ke seluruh OPD hingga kelurahan.
Saat ini, 33 OPD sudah dilengkapi dengan website dan akses internet disediakan disetiap OPD dan 67 kelurahan di Kota Serang.
Penulis:
Intan Ayu Nuraini (Mahasiswa)
Angga Rosidin S.I.P., M.A.P (Dosen Pembimbing)
Zakaria Habib Al-Ra’zie S.I.P. M.Sos. (Kaprodi)