Beranda » Bahagia dengan Hidupmu

Bahagia dengan Hidupmu

Dalam film ini Joe Gardner adalah seorang guru musik paruh waktu disebuah sekolah menengah pertama, mengajarkan musik kepada anak-anak yang terlihat kurang tertarik dengan apa yang ia ajarkan. Joe sendiri merupakan musisi dengan impian yang besar, ia ingin memiliki karir dalam dunia Jazz. Mengerjakan sesuatu yang kamu suka dan dibayar? Semua orang juga pasti memiliki impian yang sama dengan Joe. Pada hari itu, Joe mendapat tawaran untuk menjadi guru tetap dengan manfaat dan fasilitas yang banyak di sekolah tersebut. Sang ibu, Libba, juga lebih suka anaknya mendapat pekerjaan yang pasti ketimbang mengejar sesuatu yang tidak ada juntrungannya.

Tetapi siapa yang menyangka, pada hari yang sama Joe diberikan kesempatan untuk bergabung ke dalam sebuah band milik Dorothea, musisi Jazz terkenal yang ia idolakan, harapan bagi dirinya untuk berkarir sebagai musisi Jazz mulai terbuka dengan lebar. Ternyata mendapatkan pekerjaan tetap, atau kesempatan bergabung dengan band Jazz bukan satu-satunya kejutan yang ia dapatkan hari itu. Saking senangnya karena bisa memulai karirnya dalam musik Jazz, Joe yang saking senangnya dalam perjalanan pulang harus mengalami kecelakaan karena tidak memperhatikan sekitarnya. Saat sadar, bukannya konser bersama dengan band Jazznya, ia justru berada di the great beyond, tempat dimana arwah-arwah menuju ketempat selanjutnya setelah meninggal.

Tak terima jika dirinya telah meninggal, apalagi karena hidupnya baru saja dimulai, ia ingin kembali dan menjalani mimpinya untuk tampil bermain musik Jazz. Determinasinya untuk kabur dari tempat mengarahkan dirinya tiba di the great before. Joe disambut oleh beberapa entitas abstrak yang menamai diri mereka Jerry, dan mengira jika Joe adalah bagian dari salah satu mentor yang ditugaskan untuk memandu arwah-arwah yang baru lahir. Setiap arwah yang baru lahir ini memiliki lencana yang berisi kepribadian, bakat, kemampuan sosial, dan sebagainya.

Jika lencana tersebut lengkap maka arwah-arwah tersebut akan mendapatkan lencana baru berlambang bumi dan siap untuk lahir dan memulai hidupnya di dunia. Tugas dari mentor adalah untuk membimbing arwah-arwah baru ini menemukan lencana terakhir mereka yaitu ‘percikan hidup’, dengan menginspirasi arwah didikannya dengan kehidupan luar biasa dan sukses yang dialami oleh mentor tersebut.

Joe yang tidak ingin kembali ke the great beyond, mengambil identitas mentor lain sembari mencari cara bagaimana untuk bisa kembali ke bumi dengan mengambil lencana milik arwah-arwah baru tersebut. Disana ia ditugaskan untuk membimbing arwah bernama 22 yang belum lulus dan telah tinggal the great before selama ribuan tahun. 22 adalah arwah yang menolak untuk lahir ke dunia, dirinya beranggapan bahwa tinggal di bumi merupakan ide yang buruk dan hanya ada masalah jika hidup disana. Banyak mentor dari orang-orang terkenal yang mencoba untuk membimbing 22 namun gagal, dari suster Theresa, Marie Antonnete, Muhammad Ali, Copernicus, bahkan Abraham Lincoln, Albert Einstein, sampai Copernicus tidak mampu merubah pikiran dari 22 untuk lahir ke bumi. Joe menyadari jika lencana tersebut tidak bisa dipindah tangankan kecuali sudah berubah menjadi lencana bumi, 22-pun sadar jika ia menyerahkan lencana tersebut kepada Joe ia tidak perlu repot-repot lagi untuk ikut acara mentor dan bisa tinggal di the great before selamanya.

Namun perjalanan mereka tidak mudah karena Terry, entitas abstrak lainnya yang mengawasi jumlah arwah yang pergi ke the great beyond sadar bahwa ada satu arwah yang hilang, yaitu Joe. Mampukah Joe kembali ke bumi melalui rencananya itu? Apakah ia berhasil membantu 22 untuk menemukan percikannya untuk bisa mendapatkan lencana tersebut? Bisakah Joe menjalani kehidupan impiannya yang baru saja menjadi kenyataan.

Bagikan Artikel Ini