Beranda Hukum Banten Rawan Bencana, Ditpolairud Bangun Gedung Crisis Center

Banten Rawan Bencana, Ditpolairud Bangun Gedung Crisis Center

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir. (Usman/bantennews)

CILEGON  – Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir mengatakan bahwa wilayah Banten merupakan wilayah yang cukup rawan bencana. Sebab itu, pihak kepolisian khususnya Ditpolairud Polda Banten harus selalu siap dalam mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan.

“Tentunya harapan kita semua dengan adanya gedung Crisis Center ini kita punya satu tempat berkoordinasi yang bisa digunakan secara bersama-sama,” ujar Kapolda usai acara Graoundbreaking Ceremony Gedung Crisis Center Ditpolairud Polda Banten, Rabu (18/9/2019).

Kapolda menuturkan bahwa Selat Sunda termasuk perairan terpadat di Indonesia. Selain itu di perairan Selat Sunda juga banyak pipa-pipa minyak dan kabel-kabel.

“Berikut juga disini banyak objek vital, disini ada PLTU, pabrik kimia, kemudian beberapa pabrik yang lain yang investasinya luar biasa dan jumlah buruhnya cukup banyak, dengan adanya gedung ini harapannya nantinya SOP (Standar Operasional Prosedur), sehingga bagaimana kita melakukan sesuatu kegiatan apabila terjadi hal-hal yang terburuk,”

“Kemudian gedung ini juga bagaimana kita membuat SOP dalam rangka pencegahan, berupa apa? pelatihan-pelatihan, jadi bila terjadi hal yang terburuk dapat mengurangi kerugian materil maupun jiwa, harapannya seperti itu,” imbuhnya.

Kapolda berharap gedung Crisis Center tersebut bisa berjalan dengan baik. “Kejadian kejadian di perairan Banten kan sudah pernah terjadi seperti tsunami, kecelakaan laut, kebakaran kapal, pada prinsipnya kepolisian harus siap sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifudin mengatakan bahwa pembangunan gedung Crisis Center tersebut merupakan hasil hibah PT China National Offshore Oil Corporation (CNOOC).

Dia berharap Crisis Center tersebut bisa meningkatkan koordinasi dalam penanganan bencana di Banten. Selain itu juga juga menjadi sarana meningkatkan kualitas para kepolisian Ditpolairud Banten dalam penanganan bencana di Banten.

“Kami berharap gedung Crisis Center ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Banten,” terangnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini