Beranda Peristiwa Banjir di Kota Tangerang Berangsur Surut

Banjir di Kota Tangerang Berangsur Surut

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau lokasi banjir di Komplek Cantiga bersama dengan Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng W., dan Camat Cipondoh Rizal Ridhollah, Minggu (11/9/2022). 

TANGERANG – Hujan lebat yang mengguyur Kota Tangerang pada Sabtu (10/9/2022) sore hingga Minggu dini hari (11/9/2022) mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Tangerang terdampak banjir.

Salah satunya wilayah di Komplek Cantiga RW 05 Kelurahan Petir Kecamatan Cipondoh yang terdampak akibat limpasan debit air tinggi aliran kali Angke yang masuk melalui saluran air sehingga berimbas ke permukiman warga.

“Karena debit air tinggi, limpasan airnya berbalik masuk lewat saluran air ke permukiman warga. Saya sudah koordinasikan agar PU bisa segera membuat pintu air agar meminimalisir limpasan air ke pemukiman,” jelas Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau lokasi banjir di Komplek Cantiga bersama dengan Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng W., dan Camat Cipondoh Rizal Ridhollah, Minggu (11/9/2022).

Di lokasi lain, Pagi tadi Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin juga meninjau lokasi banjir di Komplek Pinang Griya Permai, Pinang dan Ciledug Indah 1, Karang tengah yang juga terdampak akibat rusaknya tanggul akibat tidak bisa menahan debit air yang tinggi.

“Sudah kita upayakan dengan membangun kisdam sementara sepanjang 10 meter dan Alhamdulillah dari siang tadi sudah surut. Personel juga masih kita siagakan begitu juga dengan posko kesehatan serta dapur umum untuk membantu warga yang terdampak,” ujar wakil.

Terkait tanggul jebol, Kepala Dinas PUPR Ruta Ireng W. menjabarkan bahwa Kisdam yang saat ini dibangun hanya sebagai kisdam sementara, namun kedepannya direncanakan akan dibangun kisdam permanen.

“Akan dibangun yang permanen, dan sudah dalam proses lelang. Posisi tanggul jebol ini di wilayah tikungan, jadi arusnya cukup deras, maka akan kita bangun Bronjong sebagai pemecah arus,” pungkas Ruta.

Pemkot Tangerang bersama BPBD, PUPR, OPD terkait beserta relawan bencana gerak cepat menanggulangi wilayah terdampak banjir. Hingga sore ini (11/9/2022) sejumlah titik sudah mulai surut diantaranya Jalan Galeong, Margasari Karawaci, Jalan MH Thamrin Cikokol, Ciledug Indah 1, Komplek Duren Vila Karang Tengah, Komplek Pinang Griya Permai, Gondrong Ciledug dan beberapa wilayah lainnya.

Sebagai informasi, jika masyarakat Kota Tangerang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya. BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini