Beranda Sosial dan Budaya Banjir Bandang di Lebak, Dompet Dhuafa Kirim Tim Disaster Management Center

Banjir Bandang di Lebak, Dompet Dhuafa Kirim Tim Disaster Management Center

106
0
Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menurunkan relawan untuk membantu warga

LEBAK – Banjir bandang terjadi di Kecamatan Sajira dan Muncang, Kabupaten Lebak, mengalami banjir bandang akibat hujan lebat di hulu Sungai Cilaki beberapa waktu lalu. Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menurunkan lima relawan untuk membantu warga.

“Disaster Management Center Dompet Dhuafa siap membantu para korban banjir bandang. Apalagi ini bulan keberkahan. Kami akan berkoordinasi dengan tim gabungan juga untuk membersihkan bekas-bekas banjir bandag. Kami juga akan membantu mendistribusikan kebutuhan para masyarakat di lapangan,“ ucap Gugun, Koordinator lapangan, Sabtu (25/5/2019).

Dalam membantu para korban banjir bandang, DMC Dompet Dhuafa menurunkan lima relawan dengan mobil operasional. Selain itu tim DMC juga cepat berkoordinasi dengan posko penanggulangan darurat serta pengadaan bantuan darurat dan mengadakan asesment Rumtara bagi korban banjir bandang yang kehilangan rumah.

Saat ini para korban banjir bandang membutuhkan pakaian pantas pakai, makanan siap saji, selimut, air bersih, terpal, peralatan memasak serta hygiene kit.

Peristiwa banjir bandang ini mengakibatkan beberapa bangunan terendam dan hanyut. Menurut Laporan DMC Dompet Dhuafa, pada Jumat (24/5/2019) pukul 14.50 WIB mencatat 59 rumah diterjang banjir bandang, 25 rumah rusak berat, sebuah Madrasah Ibtidaiyah terendam, sebuah Majelis Taklim hanyut, sebuah Pondok Pesantren terdiri dari 4 bangunan hanyut, dua Jembatan desa putus dan hanyut, sebuah MCK terdiri dari 2 bilik hanyut dan tidak ada korban jiwa.

Meskipun banjir telah surut dengan meninggalkan lumpur, sampah, kayu-kayu gelondongan yang terbawa banjir bandang, Tim DMC Dompet Dhuafa telah melakukan penanganan darurat dan pendistribusian yang bekerja sama dengan  oleh tim gabungan.

Akibat banjir bandang ini juga sebanyak 309 jiwa mengungsi di rumah keluarga masing-masing meskipun sudah disediakan lokasi pengungsian di Kantor Desa Margaluyu.

Dompet Dhuafa telah mendirikan posko di Kampung Cibeurih, Desa Margaluyu, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. (Red)