Beranda Peristiwa Dompet Dhuafa Kampanyekan Udara Bersih Bebas Polusi

Dompet Dhuafa Kampanyekan Udara Bersih Bebas Polusi

323
0
Foto istimewa

SERANG – Polusi udara merupakan salah-satu pencemaran lingkungan yang sangat serius yang diperkirakan menjadi menyebab dari tujuh juta kematian premature di seluruh dunia. Tidak kurang dari 68 ribu kematian dini akibat pencemaran udara, terjadi berasal dari Indonesia.

Meningkatnya polusi udara di jakarta dapat  mengakibatkan efek jangka panjang bagi tubuh. Dompet Dhuafa dengan berbagai aktivis lingkungan hidup mengadakan Talkshow dan Diskusi Publik dalam Tema “#JANGANTAKUTBERNAPAS, UDARA BERSIH UNTUK SEMUA” – Krisis Udara Bersih Jakarta bertempat di bakso boedjangan, pejaten, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

“Dengan data-data yang ada, sulit rasanya membantah buruknya kualitas udara Jakarta. Dibutuhkan upaya progresif untuk mengurangi faktor-faktor risiko penyebab buruknya kualtas udara. Saat ini, Jakarta selalu menjadi kota dengan kualitas udara terburuk di Asia Tenggara. ,konsentrasi PM2,5 rerata sebesar 45,3 mikrogram per meter kubik, alias 4,5 lipat di atas ambang yang dituju WHO. Dari perspektif sebagai warga kota, salah-satu upaya radikal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menjadi pengguna kendaraan umum atau menjadi pejalan kaki.” Ucap Syamsul Adriansyah sebagai Manajer Lingkungan dan Keuangan Mikro Syariah Dompet Dhuafa.

Di sisi lain Kristianto sebagai pakar Hukum Lingkungan Universitas Atma Jaya menuturkan bahwa manfaatkan momentum seperti ini. Angka polusi yang di Jakarta sangat besar.

“Jika kita mengandalkan data yang ada akan menjadi diskusi kecil tanpa ada tindakan pencegahan yang berarti,” katanya.

Polusi udara merupakan salahsatu pencemaran lingkungan yang sangat serius yang diperkirakan menjadi menyebab dari tujuh juta kematian premature di seluruh dunia. Tidak kurang dari 68 ribu kematian dini akibat pencemaran udara, terjadi berasal dari Indonesia. Tidak heran jika sebagian warga menggugat pemerintah atas buruknya kualitas udara Jakarta melalui Pengadilan.

Nilai Air Quality Index (AQI) di Jakarta mencapai 240, ini menunjukkan bahwa kondisi ini bisa berbahaya buat kesehatan tubuh dan kulit. Untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah bisa meningkatkan risiko penyakit paru-paru, sedangkan untuk kulit, tentunya kulit kita bisa mudah kering, kusam, dan berjerawat.

Sementara bila menggunakan US AQI (Air Quality Index), udara dengan kategori Baik jika konsentrasi 0-10 mikrogram/m3; 10-35 mikrogram/m3 adalah kategori Sedang; 36-65 mikrogram/m3 adalah kategori Tidak Sehat untuk Kalangan Tertentu; 56-65 mikrogram/m3 adalah kategori Tidak Sehat; 66-100 mikrogram/m3 adalah kategori Sangat Tidak Sehat dan 100 mikrogram/m3 ke atas adalah kategori Berbahaya.

Dompet Dhuafa mencoba memberikan peranannya dalam pelestarian lingkungan melalui pendekatan ekonomi. Dompet Dhuafa sendiri sudah lama memberikan perhatian pada isu pelestarian lingkungan.

Melalui Semesta Hijau, berbagai progam lingkungan sudah dilakukan, seperti Sedekah Pohon, Air Untuk Kehidupan, Pengelolaan Limbah dan sebagainya. Karena dengan lingkungan yang lestari dapat mendorong tumbuhnya ekonomi sirkuler di masyarakat.

(Red)