Beranda Kesehatan Bangun Pagi Setiap Hari Ternyata Turunkan Risiko Kanker Payudara

Bangun Pagi Setiap Hari Ternyata Turunkan Risiko Kanker Payudara

Ilustrasi - foto istimewa inspirationfreak.com

Satu lagi alasan bagi Anda untuk bangun pagi setiap hari. Penelitian terbaru menemukan bukti bahwa orang-orang yang terbiasa bangun tidur di pagi hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang suka bangun siang.

Mengutip dari merdeka.com, studi di University of Bristol, Inggris, membandingkan ratusan ribu data. Mereka menemukan bahwa mereka yang rajin bangun pagi, cenderung berisiko kanker payudara 40 sampai 48 persen lebih rendah.

1. Begadang dan bangun siang picu mutasi gen penyebab kanker

Dalam penelitian sebelumnya, mereka yang hobi begadang hingga mendapat julukan burung hantu, memiliki mutasi gen yang menyebabkan jam tubuh mereka berjalan dengan berbeda.

Mereka pergi tidur dan bangun lebih lambat dari biasanya. Dalam penelitian terbaru, hal itu mungkin terkait dengan peningkatkan risiko kanker payudara pada orang yang hobi begadang.

“Menggunakan varian genetika yang terkait dengan preferensi seseorang soal pagi atau malam, durasi tidur, dan insomnia, kami menyelidiki apakah ciri-ciri tidur ini memiliki kontribusi kausal terhadap risiko pengembangan kanker payudara,” kata pimpinan ilmuwan Dr. Rebecca Richmond.

2. Tapi tidur berlebih juga sama buruknya bagi kesehatan

Walaupun begitu, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut tentang mekanisme yang memperkuat hasil temuan ini.

“Kami ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki mekanisme yang mendukung hasil ini. Karena perkiraan yang diperoleh berdasarkan pertanyaan yang berkaitan dengan preferensi pagi atau malam, daripada apakah orang-orang bangun lebih awal atau lebih lambat pada hari itu,” tambahnya.

Sehingga, mengubah kebiasaan Anda mungkin tidak terkait dengan risiko kanker payudara. Bahkan, bisa lebih kompleks dari itu.

Namun yang perlu disoroti adalah penelitian ini juga menemukan bukti bahwa tidur melewati jumlah waktu yang disarankan juga tak baik bagi kesehatan.

Wanita yang tidur lebih dari tujuh hingga delapan jam terpapar risiko terkena kanker payudara sebesar 20 persen per jamnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini