Beranda Gaya Hidup Minuman Ini Bisa Bikin Semangat Setelah Bangun Pagi

Minuman Ini Bisa Bikin Semangat Setelah Bangun Pagi

137
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Disaat pagi hari, kondisi fisik dan metabolisme tubuh, setelah bangun tidur, umumnya mengalami adaptasi untuk memulai aktivitas.

Hal ini tentu harus diimbangi dengan asupan gizi, yaitu cairan dan mineral yang baik. Cairan dan mineral dari minuman yang dipilih dengan tepat, bisa dengan cepat menghidrasi tubuh dan mendukung kebutuhan sel tubuh dari mineral atau antioksidan yang ada pada minuman.

Hal ini tentu sangat baik untuk mendukung pemenuhan gizi dan optimalisasi fungsi dan metabolisme tubuh pada awal hari, karena cairan dan mineral dalam tubuh yang hilang setelah tidur lebih dari 7 jam, segera terganti dari minuman yang tepat tersebut.

loading...

Untuk itu, pemilihan minuman yang tepat saat pagi hari, sebaiknya adalah minuman alami yang kandungan zatnya bisa mudah diserap tubuh.

Zat gizi yang mudah terserap tentu akan membuat fungsi tubuh semakin optimal dan tubuh menjadi berenergi dan bersemangat. Selain mengonsumsi kopi, beberapa jenis minuman alami yang bisa dipilih pada pagi hari dan bisa dengan cepat memenuhi kebutuhan gizi awal hari, berikut seperti dilansir rakyatku.co

1. Air kelapa

Tidak hanya segar di siang hari, air kelapa ternyata juga merupakan pilihan yang tepat di pagi hari lho. Air kelapa merupakan minuman alami yang banyak mengandung cairan, mineral dan elektrolit yang bisa dengan cepat menggantikan zat gizi tubuh yang hilang setelah tidur.

Usahakan Anda memilih air kelapa alami dan tidak menambahkan banyak gula atau pemanis buatan agar manfaat kelapa bisa dirasakan dengan maksimal, ya.

2. Smoothies sayur dan atau buah

Minuman super sehat yang satu ini bisa menjadi pilihan minuman pagi hari yang rutin Anda konsumsi.
Sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin, mineral, cairan, dan fitonutrien merupakan minuman yang tepat untuk menggantikan zat gizi tubuh pasca tidur.

Usahakan memilih buah atau sayur dengan rasa manis, misalnya wortel dengan apel manis, bukannya buah atau sayur yang asam agar produksi asam lambung, yang masih kosong, tidak terganggu, ya.

3. Teh atau teh herbal dengan pemanis alami, misalnya sari buah atau sari kurma

Selain kopi, teh juga merupakan minuman yang banyak digemari untuk memulai hari. Ya, kandungan fitonutrien yang ada pada teh memang tinggi dan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh pada awal hari.

Agar asupan teh Anda tetap super sehat, usahakan menambahkan pemanis alami, misalnya sari buah, atau sari kurma. Hal ini akan membuat sajian teh Anda, baik teh biasa maupun teh herbal menjadi lengkap akan cairan, mineral, vitamin dan fitonutrien.

4. Minuman rempah dengan madu

Minuman jahe, minuman kunyit atau minuman dari rempah lainnya juga bisa Anda pilih sebagai minuman di awal hari yang super sehat.

Bumbu rempah alami memiliki berbagai zat anti peradangan, anti bakteri, serta fitonutrien yang tinggi. Agar kandungan gizi minuman rempah Anda lengkap, tambahkan pula madu untuk memberi asupan energi, vitamin dan mineral alami untuk tubuh, ya. (Red)