Beranda Kesehatan Balon Kades Jalani Tes Kesehatan di Tiga Rumah Sakit Pemkab Tangerang

Balon Kades Jalani Tes Kesehatan di Tiga Rumah Sakit Pemkab Tangerang

Kabid Pelayanan RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang dr Taris saat di wawancara BantenNews.co.id

KAB. TANGERANG – Tiga rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Tangerang disatroni para bakal calon kepala desa, Senin (29/3/2021). Di antaranya, RSUD Pakuhaji, RSUD Balaraja dan RSUD Kabupaten Tangerang.

Ternyata hal tersebut untuk mengikuti tes kesehatan atau Medical Check Up (MCU) atau tes kesehatan sebagai salah satu syarat masuk tahap kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kabid Pemerintahan Desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Syahrizal mengatakan MCU ini merupakan pelaksanaan pra tahapan.

Dimana sebelumnya, kata Rizal pihaknya sudah berkomunikasi kepada tiga rumah sakit plat merah ini untuk memfasilitasi para balon melakukan MCU ditengah situasi pandemi Covid-19.

“Kita minta difasilitasi kepada tiga RSU dan sudah ditentukan jadwal serta pembagian teknis mengenai tes. Dan sekarang sudah dilaksanakan,” kata Rizal kepada BantenNews.co.id.

Lanjut Rizal memaparkan, bahwa pelaksanaan MCU akan bergelar sampai hari Kamis mendatang. Hal tersebut guna membatasi jumlah orang berkerumun di area rumah sakit.

“Sampai kami tesnya dan hasil tes kemungkinan dapat di hari itu. Kita lakukan untuk mematuhi protokol kesehatan salah satunya mencegah kerumunan,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan RSUD Pakuhaji dr. Taris menuturkan pihaknya melakukan tes kesehatan sebanyak 25 desa di 7 kecamatan yang bakal berlaga Pilkades selama 3 hari.

“Untuk hari ini 6 desa di Kecamatan Rajeg dan 8 desa di Kecamatan Mauk total 64 peserta yang ikut tes,” ujar Taris saat ditemui di RSUD Pakuhaji, Senin (29/3/2021).

Dibeberkan Taris, MCU yang wajib diikuti oleh peserta terdiri dari Swab Antigen, Foto Toraks, Pemeriksaan Fisik, Narkoba, Urine Lengkap, Hematologi Lengkap, Golongan Darah, Urium Kratinin, SGOT, SGPT, Gula Darah Puasa, Chlesterol Lengkap, Asam Urat, EKG, MMPI, Kesehatan Jiwa dan terakhir Analisis Dokter.

“Ada biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta. Biayanya sebesar Rp1.740.000 per orang,” pungkasnya.

(Ren/Red)