Beranda Sosial dan Budaya Baduy Dalam Ditutup Selama 3 Bulan

Baduy Dalam Ditutup Selama 3 Bulan

Warga Suku Adat Baduy - foto istimewa

LEBAK – Mulai dari hari Selasa 24 Januari hingga 23 April 2023, kawasan wisata Baduy dalam akan ditutup untuk umum. Pasalnya, dari mulai Selasa warga Baduy akan mengadakan acara Kawalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, jika kebijakan penutupan kawasan Baduy dalam tersebut berdasarkan keputusan Tangtu Tilu Jaro Tujuh, Lembaga Adat Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

“Kebijakan itu berlaku hanya untuk kawasan Baduy dalam seperti Cibeo, Cikeusik dan Cikertawarna. Sedangkan untuk Baduy luar masih dibuka untuk umum,” kata Imam saat dihubungi, Sabtu (21/1/2023).

Ia menjelaskan, acara adat Kawalu tersebut mempunyai arti yakni ungkapan rasa syukur atas keberhasilan pertanian yang diwujudkan dengan cara berpuasa.

“Upacara adat ini merupakan salah satu cara mereka menjaga pikukuh karuhun. Makannya selama 3 bulan kawasan Baduy dalam ditutup untuk umum, untuk menghargai warga Baduy dalam yang sedang berpuasa,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika setiap tahunnya warga Baduy selalu melakukan acara Kawalu tersebut.

“Semua itu sudah menjadi keputusan Tangtu Tilu Jaro Tujuh, dan warga Baduy dalam pun selalu melakukan acara Kawalu di tiap tahunnya,” ucapnya. (San/Red)