Beranda Olahraga Bacuya Resmi Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023

Bacuya Resmi Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023

Peluncuran Bacuya (Badak Cula Cahaya) sebagai Maskot Piala Dunia U-20 tahun 2023 di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta pada Minggu (18/9/2022). Foto: PSSI

JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dan FIFA resmi meluncurkan Bacuya atau Badak Cula Cahaya sebagai maskot Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Maskot yang terinspirasi dari Badak Jawa bercula satu itu diperkenalkan di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta yang bertepatan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) pada Minggu (18/9/2022). Terpilihnya badak bercula satu dikarenakan hewan tersebut hanya berada di Indonesia.

Pesta sepak bola terbesar itu rencananya akan digelar untuk pertama kalinya di Indonesia pada 20 Mei – 11 Juni 2023 mendatang. Dikutip dari laman resmi PSSI, pemilihan Bacuya juga memiliki makna lain yakni hewan asli dari Indonesia yang kalau bermain sepak bola bersama anak-anak akan gembira dan culanya akan menyala semakin terang.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Komite Eksekutif Endri Erawan dan Vivin Sungkono, Direktur Utama Liga Indonesia Baru Ahmad Hadian Lukita, serta Direktur Operasional Liga Indonesia Baru Sudjarno.

Hadir pula utusan perwakilan dari FIFA, Jaime Yarza sebagai FIFA Tournament Director dan Christian Schmolzer sebagai FIFA U-20 Project Lead.

Menpora Zainudi Amali berharap dengan peluncuran Bacuya sebagi maskot untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 dapat menyukseskan kompetisi sepak bola internasional yang sempat mundur dikarenakan pandemi Covid-19 tersebut.

“Hari ini saya dan kita semua telah melihat maskot untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang bernama Bacuya, saya berharap kita semua bisa menyukseskan gelaran ini, agar FIFA semakin yakin dan percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik, mungkin saja nanti Piala Dunia senior akan diselenggarakan di sini, karena menurut survei sekitar 70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepak bola dan sangat antusias dengan olahraga ini,” kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangannya  dikutip dalam laman resmi PSSI, Minggu (18/9/2022).

Senada, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan apresiasinya kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam peluncuran maskot Piala Dunia U-20 tahun 2023 tersebut dan berharap acara olahraga yang sudah dinanti-nanti oleh para penggemar sepak bola itu dapat berjalan lancar.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah, Kementerian Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali karena terus mendukung kami hingga saat ini. Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya. Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023, terima kasih,” ujar Mochamad Iriawan.

Sementara itu, FIFA Tournament Director, jaime Yarza menyebutkan kompetisi FIFA tersebut merupakan yang pertama digelar di Indonesia.  “Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” kata Jaime Yarza. (Red)