Beranda Kesehatan Awas! Orangtua yang Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung pada Anak

Awas! Orangtua yang Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung pada Anak

Ilustrasi - foto istimewa restofocus.com

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa orangtua yang merokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung pada anaknya kelak, salah satunya adalah fibrilasi atrium. Fibriliasi atrium merupakan aritmia pada jantung di bilik jantung bagian atas yang berdetak secara abnormal dan kontraksi yang tidak teratur.

Dikutip dari detik.com , fibrilasi atrium tidak membahayakan nyawa, namun seiring waktu bisa menyebabkan stroke atau gagal jantung. Menurut Dr Gregory Marcus, peneliti senior dalam studi tersebut, sudah jelas bahwa rokok menjadi salah satu faktor untuk penyakit tersebut.

Dr Marcus dan tim menemukan bahwa terpapar asap rokok sejak kecil atau jadi secondhand smoker dapat meningkatkan risikonya. Para peneliti menggunakan data dari dua studi kesehatan besar yang meninjau keluarga selama dua generasi.

Dari situ, mereka mendapatkan informasi soal kebiasaan merokok para orangtua dan anak-anak mereka yang terpapar asap rokok selama bertumbuh besar. Lebih dari 2.800 anak-anak yang tumbuh dewasa tersebut, 14 persen terdiagnosis fibrilasi atrium.

“Bisa jadi ada sesuatu tentang terpapar sebagai secondhand smoker itu sendiri berkontribusi pada fibrilasi atrium. Secara biologis, itu masuk akal,” katanya.

Merokok diduga mengubah atria dengan mengganggu struktur dan fungsi bilik jantung. Hal yang sama bisa terjadi saat jantung yang sedang bertumbuh terpapar asap rokok.

Ditambah lagi, lanjut Dr Marcus, pembuluh darah vena paru yang membawa darah dari paru-paru ke jantung diketahui sangat penting dalam fibrilasi atrium. Sehingga bukan tidak mungkin zat racun yang terserap ke dalam paru-paru, baik perokok aktif maupun perokok pasif, bisa berdampak pada atria.

Pada kesimpulannya Dr Marcus menegaskan bahwa hasil studinya bisa menjadi satu lagi alasan untuk tidak merokok di dekat anak-anak. Dan telah diketahui pula bahwa dalam jangka pendek, orangtua yang merokok bisa membuat anak-anak berisiko asma atau infeksi pernapasan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ