Beranda Kesehatan Ini Obat Anemia Alami yang Bisa Dicoba

Ini Obat Anemia Alami yang Bisa Dicoba

186
0
Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Penyakit Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Ada berbagai jenis obat anemia alami yang bisa dikonsumsi seseorang.

Sel darah merah berfungsi untuk mengikat oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.
Seseorang yang mengalami anemia cenderung akan lemas dan lesu sepanjang hari.

Selain itu, anemia juga akan menyebabkan seseorang pucat karena tak ada sel darah merah dan asupan oksigen yang cukup beredar dalam tubuh.

Sakit kepala pun hingga sesak napas pun menjadi ciri lain dari anemia. Maka dari itu dibutuhkan pencegahan yang tepat guna mengatasi kekurangan darah merah ini.

Berikut obat anemia alami yang bisa dicoba seperti dilansir detik.com.

1. Daging Merah

Daging merah menjadi salah satu obat alami mencegah anemia. Sebab, daging merah kaya mengandung zat besi yang bisa membantu memproduksi kembali sel darah merah.

2. Kacang Hijau

Kacang-kacangan, juga mengandung banyak zat besi. Mengonsumsi banyak kacang hijau, khususnya bisa mencegah munculnya kondisi anemia karena makanan ini paling tinggi mengandung zat besi.

3. Buah Bit

Selain mengandung zat besi, buah bit juga memiliki vitamin C. Vitamin dari buah ini dapat menjadi obat anemia alami karena bisa meningkatkan penyerapan zat besi dan membantu regenerasi sel darah merah.

4. Tahu dan Tempe

Makanan khas Indonesia ini tak hanya terkenal akan rasa enaknya, namun juga sebagai obat anemia alami. Bagaimana tidak, makanan ini berbahan dasar kacang kedelai yang pasti mengandung tinggi zat besi.

5. Bayam

Sayur hijau, khususnya bayam ternyata mengandung tinggi zat besi sebagai obat anemia alami. Bahkan, satu cangkir bayam rebus dapat memenuhi 20% kebutuhan zat besi seseorang per harinya. (Red)