Beranda Gaya Hidup Awas! Ini Kerugian yang Bakal Didapat Jika Selalu Umbar Masalah di Sosmed

Awas! Ini Kerugian yang Bakal Didapat Jika Selalu Umbar Masalah di Sosmed

147
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Sosial Media (Sosmed) kini merupakan sesuatu yang penting bagi sebagian orang yang sama pentingnya seperti makan atau minum. Bahkan banyak orang mengaku merasa hampa bila satu hari saja tak menggunakan media sosial.

Biasanya Sosmed sering dijadikan tempat curahan hati namun sayangnya tak sedikit yang malah berlebihan dan malah mengumbar semua masalah dan rahasia yang harusnya disembunyikan dan sehingga 5 kerugian ini akan kamu peroleh!

1. Mengumbar masalah yang sangat pribadi akan dianggap tak tahu malu

Jangan dikira semua orang tak membaca curahan hatimu ketika kamu bagikan ke media sosial. Mereka membaca meskipun mungkin saja tak mengomentari apa yang kamu sampaikan. Jika kamu selalu membagikan segala sesuatu ke media sosial termasuk rahasiamu, tentu kamu malah akan dicap tak tahu malu oleh orang lain. Menggunakan media sosial harus tahu batasannya juga kan?

2. Keburukan yang kamu umbar akan selalu diingat

Sudah menjadi suatu hal yang biasa jika orang-orang lebih mengingat keburukanmu daripada kebaikanmu. Begitupula jika kamu mengumbar semua hal ke media sosial, otomatis segala kejelekanmu akan selalu diingat oleh orang lain tapi kebaikanmu akan hilang begitu saja seperti menguap. Duh kamu gak mau kan kalau harus dicap jelek oleh orang lain? Oleh karena itu batasi ketika curhat di media sosial.

3. Gak semua orang merasa simpati padamu karena yang membencimu justru senang saat kamu kesusahan

Kalau kamu pikir semua orang akan bersimpati padamu itu salah besar. Karena sebagian orang hanyalah kepo saja dengan masalahmu bukannya mau membantumu. Bahkan yang membencimu justru senang ketika kamu sedang kesusahan. Lebih baik kamu simpan semua masalahmu bukannya diumbar karena memberitahukan segala masalahpun takkan membuat semuanya selesai.

4. Kamu dicap caper

Manusia itu memiliki sifat yang berbeda-beda. Bisa saja kamu malah dicap caper oleh orang lain ketika selalu curhat dan memberitahu segalanya. Oleh sebab itu simpanlah rapat-rapat segala hal tentang dirimu karena itu lebih baik. Jangan mengharapkan belas kasihan orang lain dan mulailah bersikap dewasa! Apalagi jika kamu sudah memiliki usia yang matang, bersikap labil sudah bukan masanya lagi kan?

5. Dengan mengumbar masalah justru kamu semakin berat untuk menjalaninya

Banyak pepatah yang bilang jika kamu mengumbar masalah, justru kamu semakin berat memikulnya. Tetapi sebaliknya semakin kamu menutupinya tentu kamu akan semakin ringan dalam menghadapinya. Boleh saja berbagi masalah tetapi pada Tuhan saja ya karena Tuhan akan mendengarkan semua keluh kesahmu. Belum terlambat untuk berubah asalkan kita mau berusaha mencobanya! (Red)

Sumber : IDN Times