Beranda Gaya Hidup Kebiasaanmu Saat Tidur Ini Ternyata Ada Makna Kesehatan Loh

Kebiasaanmu Saat Tidur Ini Ternyata Ada Makna Kesehatan Loh

104
0
Ilustrasi - foto istimewa jabarnews.com

Ketika tidurmu nggak teratur karena aktivitas yang padat, otomatis kualitas tidurmu gak seoptimal biasanya sehingga kadang kamu bisa mimpi aneh-aneh dan bahkan mengigau saking lelahnya.

Siapa yang kalau tidur suka melakukan kebiasaan-kebiasaan aneh seperti mengigau & menggeretakkan gigi? Ternyata ada makna kesehatan di balik semua kebiasaanmu saat tidur lho. Berikut seperti dilansir IDN Times.

1. Ketika kamu tidur dan sering mendapatkan mimpi-mimpi aneh

Mimpi yang aneh (atau bahkan mimpi buruk) bisa mempengaruhi suasana hatimu seharian. Kalau kamu sering banget mimpi buruk, inilah waktunya untuk mengevaluasi kebiasaan gaya hidupmu.

Sering bermimpi aneh atau bahkan mimpi buruk bisa disebabkan oleh gaya hidup yang nggak sehat seperti banyaknya konsumsi alkohol, kafein, gula atau melihat layar terlalu dekat saat mau tidur.

Hal-hal ini bisa menstimulasi sistem sarafmu secara berlebihan sehingga menyebabkan meningkatnya Tidur REM (tidur dengan gerak mata cepat) (Rapid Eye Movement). Jauhkan diri dari hal-hal yang bersifat over-stimulate menjelang tidur dan kamu akan merasakan perbedaannya.

2. Ketika kamu suka menggeretakkan gigi saat tidur

Siapa yang suka geratakin gigi pas tidur? Istilah geratak gigi saat tidur adalah bruxism, dan itu bisa jadi indikasi kamu sedang cemas dan tegang. Biasanya penderita bruxism adalah orang yang perfeksionis dan high-achieveryang memiliki kesulitan mengatur batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

Biar gak geratakin gigi, coba deh kamu ngobrol sama teman yang benar-benar kamu percaya atau menulis semua masalahmu di sebuah buku jurnal sehingga semua yang kamu rasakan seharian penuh bisa tercurahkan di situ.

3. Ketika kamu HARUS tidur di ranjang yang terpisah dengan pasangan

Alasan terbesar kenapa pasangan tidur di tempat berbeda adalah karena pasangannya mendengkur saat tidur sehingga mereka tak bisa tidur dengan nyenyak karena mendengarkan dengkuran. Tidur di ranjang terpisah di saat kamu punya pasangan bukanlah solusi yang paling bijak, karena kamu sebenarnya bisa mengatasi ini.

Tidur bersama pasangan bisa memicu hormon oksitosin yang berfungsi untuk membuatmu tetap tenang & rileks. Sehingga tidur bareng pasangan sebenarnya bisa bikin kualitas tidurmu makin baik.

Oksitosin bisa dengan mudah diproduksi hanya dengan pelukan, atau ucapan mesra yang tulus dari pasangan. Kalau kamu memang bersikeras pengin tidur terpisah, 10 menit sebelum tidur siapkan sesi khusus cuddlingsupaya kamu bisa rileks.

4. Ketika kamu bangun tidur dengan kelelahan luar biasa di pagi hari

Kalau waktu tidurmu cukup tapi bangun tidur masih capek, ada kemungkinan kamu menderita sleep apnea. Masalah pernafasan yang mengganggu kualitas tidur karena tenggorokan terhalang oleh lidah atau jaringan lainnya.

Sleep apnea akan sangat mengganggu siklus tidurmu tanpa kamu sadari, sehingga kelelahan yang kamu rasakan hanya akan bertambah setiap hari. Coba deh kamu tidur terlentang nggak pakai bantal atau guling, mungkin bangun tidur kamu akan merasa lebih baik.

5. Ketika kamu HARUS tidur dengan TV yang menyala

Ini nih yang paling sering dialami, ngaku aja. Kalau kamu harus selalu tidur dengan TV menyala, ada kemungkinan kamu sedang memiliki masalah dan ingin mendistraksikan dirimu sendiri dari masalah itu. Ada kemungkinan lain, cahaya TV akan meningkatkan hormon stresmu sehingga kualitas tidurmu jadi nggak maksimal.

6. Ketika kamu berjalan saat tidur dan bahkan bisa melakukan aktivitas lain saat kamu terlelap

Ada lho orang yang berjalan saat tidur, dan itu nggak cuma di TV doang. Mereka biasanya tak sadar jika sedang melakukan aktivitas itu dan bisa berbehaya. Ada kemungkinan orang ini menderita parasomnia. Parasomnia adalah gangguan yang melibatkan kegiatan fisik yang tidak diinginkan atau pengalaman yang terjadi selama tidur, masuk ke tidur, atau gairah dari tidur.

7. Ketika kamu sering terbangun di malam hari gara-gara kebelet pipis

Hanya ada satu kemungkinan paling besar, yaitu diabetes. Kalau kamu kebangun lebih dari 2 kali dalam semalam hanya untuk pipis, kemungkinan besar kamu diabetes atau pra-diabetes. Pipis sering-sering adalah tanda kalau gula darah kamu tinggi, soalnya ginjal bekerja keras untuk menyerap dan menyaring kelebihan gula dalam darahmu.

Jadi, setiap kebiasaan yang kamu lakukan sebelum atau saat tidur sebenarnya ada makna kesehatan di baliknya. Sekarang, kamu tahu kan apa makna dari “harus selalu nonton TV sebelum tidur”? Kamu kesepian, butuh teman. (Red)