Beranda Kesehatan Awas! Ini Dampak Berbahaya Minum Alkohol Bagi Mata

Awas! Ini Dampak Berbahaya Minum Alkohol Bagi Mata

Ilustrasi - (foto:google)

Hampir semua bagian tubuh akan mengalami dampak buruk dari alkohol jika rutin dikonsumsi. Bahkan, organ mata kita juga akan mengalami efek buruk tersebut, tepatnya dalam hal terkena kebutaan permanen. Bagaimana bisa alkohol bisa menyebabkan efek kesehatan ini?

Menurut pakar kesehatan dr. M. Sidik dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia, terdapat sebuah fakta yang sering disepelekan oleh masyarakat tentang adanya kandungan etanol dan methanol di dalam minuman beralkohol. Khusus untuk methanol, kandungan ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan kebutaan permanen. Bahkan, jika kita mengonsumsi methanol sebanyak 10 cc saja, jumlah yang sangat sedikit, kita sudah bisa mengalami kebutaan.

“Banyak orang minum bir satu gelas sudah bisa mabuk, tapi kalau sampai di dalam minuman beralkohol ini terdapat methanol sebanyak 10 cc, maka korban bisa mengalami kebutaan permanen yang tidak bisa diperbaiki,” ungkap dr. Sidik.





Karena alasan inilah, banyak kasus pesta miras, apalagi miras oplosan yang bisa memberikan dampak fatal, termasuk kebutaan. Sayangnya, korban yang mengalami efek kebutaan akibat miras justru digolongkan sebagai korban dengan efek yang ringan. Sebagai informasi, 8 dari 10 orang korban miras mengalami kematian. Sementara itu, sisanya mengalami kebutaan permanen. Kebanyakan dari korban ini adalah pria muda dewasa.

Gejala awal dari keracunan methanol biasanya adalah muntah-muntah dan sesak napas. Korban kemudian dibawa ke IGD rumah sakit dan keesokan harinya baru mengalami kebutaan. Sayangnya, banyak orang yang menganggap suntikan yang diberikan dokter kepada korban keracunan alkohol inilah yang menjadi penyebab kebutaan. Padahal, penyebab sebenarnya adalah kandungan methanol dari alkohol.

Kebanyakan korban keracunan alkohol juga tidak mengaku jika mereka baru saja meminumnya karena malu dengan tindakannya. Hal ini padahal berperan besar pada penanganan kondisi keracunan pada korban miras.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menghindari minuman beralkohol karena minuman ini bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. (Red)

Sumber : doktersehat.com