Beranda Olahraga Atlet Catur Standar Banten Raih Perunggu

Atlet Catur Standar Banten Raih Perunggu

Danny Juswanto, atlet catur Banten. (Dok KONI Banten)

PAPUA – Danny Juswanto mengakhiri petualangannya di PON XX Papua tahun 2021 dengan meraih medali perunggu di nomor perorangan catur standar terbatas putra, Rabu (13/10) sore WIT. Kepastian itu didapat setelah menjalani 9 babak Danny hanya mengumpulkan nilai 7.

PON XX Papua.

Danny kalah satu poin di banding juara pertama yang kembali diraih pecatur tuan rumah Cerdas Barus yang mengemas 8 poin. Nilai ini sama dengan yang dikumpulkan peraih medali perak Syarif Mahmud asal DKI Jakarta.

Namun Cerdas Barus mendapat keuntungan atas kemenangan tiebreak saat bertanding dengan Danny Juswanto. Kemenangan atas Danny tersebut memiliki nilai tinggi pada penilaian akhir.

Hasil ini membuat Danny mendulang 1 medali emas dan 2 medali perunggu. Medali emas dicapai pecatur asal Kabupaten Tangerang saat bertanding di nomor perorangan catur kilat terbatas putra. Sementara medali perunggu lainnya didapat di nomor perorangan catur cepat terbatas putra.

“Saya mohon maaf belum bisa menambah medali emas buat Banten, persaingan cukup ketat dan butuh lebih banyak energi untuk bisa menang di pertandingan ini,” ujar Danny.

Apa yang dikemukakan Danny diamini oleh Dudi Darmadi Pelatih Catur Banten dimana dikemukakanya pada pertandingan PON Papua, energi Danny tersita pada emosi di pertandingan. Ungkap Dudi, Danny tampil penuh semangat untuk bisa meraih kemenangan demi kemenangan.

“Pak Danny terbawa emosi untuk bisa menang, ini yang menguras pikirannya. Ini yang bikin dia cepat lelah. Ini jadi evaluasi buat kami kedepannya,” ulas Dudi.

Ke depan Dudi berharap kondisi Danny bisa tetap eksis di dunia catur nasional termasuk tampil di PON XXI yang akan dilangsungkan di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Dengan persiapan selama 3 tahun lagi diyakini Dudi kemampuan pecatur berusia 62 tahun itu akan bisa lebih baik.

“Kami sudah berdiskusi tentang metode latihan dan apa yang akan dilakukan menghadapi PON XXI. Semoga Pak Danny diberi kesehatan sehingga bisa memenuhi harapannya di PON selanjutnya,” ucap Dudi. (Red/PON)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini