Beranda Olahraga Atlet Banten Sumbang 15 Medali di SEA Games 2019

Atlet Banten Sumbang 15 Medali di SEA Games 2019

Fajar Faturohman, atlet dayung asal Banten. - (Foto istimewa)

SERANG – Perhelatan pesta olahraga negara Asia Tenggara atau SEA Games 2019 berakhir pada Rabu (11/12/2019). Tuan rumah Filipina jadi juara umum dengan raihan medali paling banyak.

Sementara Kontingen Indonesia hanya menempati posisi keempat klasemen perolehan medali dengan meraup total 267 medali, yaitu 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Dari perolehan medali untuk Kontingen Indonesia tersebut ternyata ada andil atlet-atlet asal Provinsi Banten.

“Ya, atlet Banten menyumbang 15 medali, yaitu 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu untuk Indonesia,” papar Rumiah Kartoredjo, Ketua Umum KONI Banten.

Menurut Rumiah, medali emas disumbangkan masing-masing oleh Rio Danu Utama Tjabu (1 emas) dari cabang olahraga menembak nomor Pistol dan M Fajar Faturahman (4 emas) dari cabang olahraga dayung nomor Perahu Naga. Bedanya, Rio turun di nomor perorangan sedangkan Fajar seluruhnya di nomor beregu.

Lima medali perak diraih Hadika Aubrey Rasendriya dari cabor menembak nomor perorangan Senapan (1 perak), Fajar Faturahman dari dayung Perahu Naga (1 perak), Syerina dari judo beregu putri (1 perak), Monica Isella dari softball putri (1 perak) dan Hadi Hidayat dari hoki kolam beregu 6×6.

Sementara, medali perunggu didonasikan oleh Hadi Hidayat masih di hoki kolam beregu 4×4 (1 perunggu), Livia Iriana dari hoki kolam beregu 6×6 (1 perunggu), Carmelita Cassandra dan Zefanya Laisina yang turun di hoki kolam beregu 4×4 (1 perunggu). Lalu ada Ray Santoso, Andersen Lim, Jericho Gaffar, Diva Fabil, dan Anhar yg menyumbang 1 perunggu dari baseball putra serta terakhir Kyandra Susanto yg turun di nomor perorangan Skateboarding (1 perunggu).

Dijelaskan Rumiah, pada SEA Games 2019 ini ada 25 atlet Banten yang menjadi anggota Kontingen Indonesia. Yang berhasil menyumbangkan medali 15 orang di antaranya.

“Mereka sudah ikut mengharumkan nama bangsa dan Provinsi Banten khususnya. Sebagai penghargaan, kami akan berikan mereka dana pembinaan,” katanya lagi.

Dana pembinaan untuk atlet berprestasi memang rutin dianggarkan KONI Banten untuk para atlet yang turun di ajang nasional dan internasional. Namun Rumiah masih merahasiakan besarannya. Rencananya, pemberian penghargaan kepada para atlet peraih medali di SEA Games ini akan diserahkan langsung Gubernur Banten Wahidin Halim.

“Kita masih lihat kesediaan waktu Pak Gubernur untuk menerima kehadiran para atlet sekaligus menyerahkan prnghargaan,” pungkas mantan Kapolda Banten ini.

(Ink/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini