Beranda Bisnis Astra Tol Tangerang Merak Klaim Trafik Lebaran 2022 Aman Terkendali

Astra Tol Tangerang Merak Klaim Trafik Lebaran 2022 Aman Terkendali

Lalu Lintas di Jalan Tol Tangerang-Merak

TANGERANG – Arus mudik Lebaran pada tahun 2022 ini yang berjalan aman terkendali, dengan puncak volume arus mudik tertinggi terjadi pada tanggal 27 April 2022, dimana tercatat sebanyak 55.795kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Cikupa atau terjadi kenaikan 79,88% dibandingkan lalu lintas harian rata-rata (LHR).

Sementara puncak arus balik di Tol Tangerang-Merak terjadi pada hari Minggu 8 Mei 2022 dengan total lalu lintas 166,676 kendaraan dibandingkan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) yaitu sebesar 151,759 kendaraan.

Secara keseluruhan yaitu terhitung mulai dari H-10 hingga H+10 Lebaran, total kendaraan yang melintas di entrance Cikupa mencapai 3.369.621. Apabila dibandingkan dengan arus mudik tahun 2019 jumlah kendaraan total adalah sebanyak 3.022.915 atau terjadi kenaikan 11,5%. Hal ini terjadi karena euforia mudik setelah 2 tahun pembatasan ditetapkan Pemerintah. Selain itu, pertumbuhan lalu lintas juga turut berkontribusi dalam kenaikan trafik lebaran tahun 2022.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas, Uswatun Hasanah
menyampaikan, menangani kepadatan arus mudik dan balik pada Lebaran kali ini dilakukan upaya-upaya intensif pada layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi pemeliharaan dan layanan pendukung.

ASTRA Tol Tangerang-Merak juga melakukan berbagai kegiatan sosial untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan yang melakukan perjalanan selama momen Lebaran yaitu arus mudik dan balik seperti menyediakan posko kesehatan gratis yang berlokasi di Rest Area Km 68 A dan B, serta di Kantor Gerbang Tol Merak, menyediakan makanan baik yang diberikan Perusahaan maupun donasi dari karyawan, yaitu berupa 4500 paket makanan kecil dan minuman ringan yang kemudian dibagikan kepada pengguna jalan yang terdampak kemacetan.

“Astra Tol Tangerang-Merak juga menerima kunjungan dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada 8 Mei 2022 untuk memastikan arus lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak dan meninjau kesiapan pengelola jalan tol dalam menerima arus balik dari arah Sumatera agar berjalan lancar,” ujarnya.

Untuk pelayanan berupa media informasi terkini terkait lalu lintas dan fasilitas di ruas Tol Tangerang-Merak bagi pengguna jalan, maka secara intensif disampaikan setiap hari melalui berbagai platform baik dari tampilan secara langsung di jalan tol yaitu layanan Variable Message Sign (VMS), poster yang berada di gerbang-gerbang tol, dan spanduk. (Red)