Beranda Pemerintahan Antisipasi Penumpukan Kendaraan Saat Arus Balik, Ini yang Disiapkan Polda Banten dan...

Antisipasi Penumpukan Kendaraan Saat Arus Balik, Ini yang Disiapkan Polda Banten dan Jajaran

Rapat kordinasi bersama KSOP, ASDP, Pelindo, Lanal Banten serta instansi terkait lainnya membahas arus balik lebaran Idul Fitri 1445.

SERANG – Kapolda Banten Irjen Abdul Karim memimpin rapat kordinasi bersama KSOP, ASDP, Pelindo, Lanal Banten serta instansi terkait lainnya.

Rapat tersebut membahas arus balik lebaran Idul Fitri 1445 baik dari Sumatera maupun Jakarta yang diperkirakan akan terjadi mulai Sabtu, 13 April 2024.

Rapat kordinasi yang berlangsung di Mall Sosoro Merak, Kota Cilegon, Jumat (12/4/2024). Rapat juga berlangsung melalui video conference dengan Menteri Perhubungan dan Kapolda Lampung. Turut hadir Pejabat Utama Polda Banten serta Kapolres jajaran.

Karim meminta petugas gabungan untuk tetapp waspada mengantisipasi arus balik. Untuk menghindari kemacetan, pihaknya mengutamakan jalur khusus pemudik.

“Kita prioritaskan jalur, nantinya akses jalan di Cikuasa Atas akan menjadi prioritas utama. Dari 4 jalur yang ada, tiga jalur akan digunakan kendaraan pemudik hingga gerbang tol Merak,” jelas Karim.

Sedangkan untuk penumpang pejalan kaki, Kapolda juga menegaskan sudah melakukan kordinasi dengan pihak ASDP Merak untuk menyiapkan shuttle bus dari dermaga pelabuhan ke Terminal Merak dan stasiun kereta api yang ada di Kota Cilegon.

“Nanti ASDP akan menyiapkan kendaraan yang akan mengangkut penumpang pejalan kaki dari dermaga ke terminal atau stasiun kereta api,” katanya.

Terkait pemudik yang menggunakan sepeda motor, Abdul Karim menjelaskan, pada arus balik nanti akan dilakukan pengawalan mulai dari Pelabuhan Pelindo Ciwandan hingga ke Tangerang. Saat pengawalan, masyarakat yang menggunakan sepeda motor ini akan diarahkan untuk beristirahat 2 kali.

Istirahat pertama di Mapolresta Serang Kota. Setelah istirahat, makan minum dan melakukan ibadah shalat, dari Mapolresta Serang pengawalan pemudik akan dilanjutkan dan istirahat kembali di wilayah Balaraja, Kabupaten Tangerang.

“Pengawalan dan istirahat ini penting karena untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan serta memulihkan tenaga pemudik. Setelah berada di Kota Tangerang, pemudik dipersilahkan untuk pulang ke tempatnya masing-masing,” tandas mantan Dirreskrimsus Polda Banten ini.

Sementara Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko mengatakan Polres Serang siap menyambut pemudik yang akan kembali ke rumahnya masing-masing, baik yang datang dari arah Merak maupun Jakarta.

Menurut Kapolres, pemudik yang akan melintas di wilayahnya akan didominasi kendaraan roda yang datang dari arah Merak.

“Seluruh personil Polres Serang beserta instansi terkait yang bertugas siap menyambut arus balik. Kami juga sudah menyiapkan tempat bagi pemudik yang ingin beristirahat dengan segala fasilitasnya,” tandas Kapolres. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini