Beranda Peristiwa Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Polres Pandeglang Bakal Terapkan Skema One Way

Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Polres Pandeglang Bakal Terapkan Skema One Way

Iptu Sukoyo. (IST)

PANDEGLANG – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pandeglang membuat beberapa skema untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik, libur lebaran dan arus balik lebaran tahun 2022 ini. Salah satu skema yang nantinya digunakan ialah jalan satu lajur (one way).

Skema ini akan digunakan di beberapa ruas jalan yang ada di Pandeglang apabila peningkatan volume kendaraan mulai tidak terkendali dan kemacetan yang ditimbulkannya juga cukup panjang.

“Upaya kita jalur titik kemacetan, karena dengan adanya tol dari Rangkasbitung kemungkinan pengunjung menuju tempat rekreasi Pandeglang pastinya akan melalui tol terdekat Rangkasbitung, makanya kita akan buat satu jalur One Way seperti bilamana terjadi kemacetan total, One Way itu seperti di Kadubanen, Cipacung, Mengger dan seterusnya,” kata Kanit Ketertiban Keamanan Kelancaran dan Keselamatan Satlantas Polres Pandeglang Iptu Sukoyo, Selasa (19/4/2022).

Ia membeberkan, pihaknya juga akan mengecek jalur mudik untuk mengetahui jalan mana saja yang masih rusak. Sebab, kata dia, jalan rusak akan memengaruhi lalulintas kendaraan dan bisa menyebabkan kemacetan panjang.

“Kita cek jalur atau jalan yang terlihat rusak, kedua kita juga sudah mengantisipasi jalur macet untuk pengalihan, jadi rekayasa lalu lintas akan ada pembuangan jalur ke Palima melalui Mandalawangi,” bebernya.

Selain bakal memberlakukan one way, dari Satlantas Polres Pandeglang juga sudah menerjunkan anggota untuk memasang spanduk peringatan dan imbauan kepada pengendara yang memasuki daerah Pandeglang. Hal itu dilakukan demi keselamatan selama berkendara.

“Apabila ingin aman sampai tujuan dalam mudik jangan gunakan handphone saat berkendara, jangan melebihi muatan, terus bila ingin berpergian atau rekreasi jangan gunakan mobil terbuka atau pick-up karena buka peruntukannya membawa orang, untuk kendaraan roda dua ikuti jalur yang ada yang sudah diarahkan oleh pihak kepolisian,” pesannya.

(Med/Red)