Beranda Hukum Anggota Polres Pandeglang Dilatih Wawasan Jurnalistik

Anggota Polres Pandeglang Dilatih Wawasan Jurnalistik

77
0
Anggota Polres Pandeglang mengikuti pelatihan jurnalistik. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Anggota Bagian Humas Polres Pandeglang diber lmu jurnalistik. Kegiatan itu dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat yang cepat, akurat dan tepat.

Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto mengatakan, Humas Polres Pandeglang harus dibekali ilmu jurnalistik. Hal itu penting dilakukan agar ketika menyajikan informasi pada masyarakat akurat dan lebih baik lagi.

“Fungsi humas harus maksimal, informasi harus cepat sampai kepada masyarakat secara akurat dan tepat. Makanya, saya menggagas agar Humas diberikan wawasan jurnalistik atau pembuatan berita,” kata Sofwan saat membuka acara bimbingan wawasan jurnalistik di Mapolres Pandeglang, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, Humas Polres Pandeglang bukan hanya sebatas fungsi penunjang saja, akan tetapi harus menjadi fungsi utama dalam mendekatkan Polres dengan masyarakat, dan memberikan informasi yang akurat.

“Maka dari itulah, Humas Polres perlu meningkatkan kemampuannya di bidang komunikasi dan jurnalistik. Sehingga dapat memenuhi seluruh harapan masyarakat Pandeglang dan organisasi intern Polres Pandeglang,” jelasnya.

Usai dilatih hingga beberapa hari, ungkap Kapolres, ia sangat berharap ada perubahan yang bisa diterapan oleh para anggota.

“Saya harap, Humas ini dapat terus menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan internal Polres, dan yang paling penting dapat menyajikan informasi akurat kepada seluruh masyarakat,” ucapnya.

Sementara, pemberi wawasan jurnalistik, Kabiro Banten Media Satelit News, Mardiana Tirta Laksana mengaku, sangat mengapersiasi kegiatan yang digagas Kapolres tersebut. Dengan begitu katanya, bakal memberikan dampak positif terhadap internal Polres dan masyarakat.

“Untuk dapat memberikan informasi yang akurat kepada publik, tentu saja diperlukan kemampuan ilmu jurnalistik yang dimiliki personel humas Polres Pandeglang. Makanya, saya sangat apresiasi adanya gagasan ini,” ujarnya.

Mardiana yang disapa akrab Bro Ryan ini menambahkan, bahwa pemberian wawasan jurnalistik itu, bentuknya belajar bareng dengan Humas Polres Pandeglang. Adapun soal materi yang diberikan ujarnya, dasar jurnalistik terlebih dahulu yang berkaitan pengertian berita, rumus-rumus penulisan berita.

“Semua fakta adalah berita, tapi sebuah berita belum tentu fakta. Pemberitaan yang disampaikan setidak-tidaknya terpenuhi unsur dasar sebuah berita adalah 5W + 1H (what, who, when, where, why dan how),” tutupnya. (Med/Red)