Beranda Gaya Hidup Anak Masuk Usia MPASI, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan Orangtua

Anak Masuk Usia MPASI, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan Orangtua

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Kebutuhan Makanan Pendamping ASI (MPASI) menjadi hal yang penting bagi para orangtua yang memiliki bayi usia 6 bulan ke atas. Untuk mengolah MPASI pun tidak boleh sembarangan, karena pengolahannya berbeda dengan makanan orang dewasa.

Jika MPASI tidak diperkenalkan sekitar usia 6 bulan atau tidak diberikan secara tepat, maka pertumbuhan bayi mungkin dapat terganggu. Untuk memastikan kebutuhan nutrisi bayi, beberapa hal yang perlu diperhatikan dari MPASI antara lain memberikan makanan bertepatan ketika kebutuhan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tidak cukup hanya dengan diberikannya melalui ASI eksklusif.

Orangtua juga harus memastikan untuk menyediakan energi, protein, dan mikronutrien yang cukup untuk kebutuhan gizi anak yang sedang tumbuh. Nutrisi yang diperlukan adalah karbohidrat, protein hewani dan nabati, zat besi, serta zinc. Pastikan jumlah dan tekstur sesuai dengan usia anak.

Kemudian ibu juga harus menyimpan dan menyiapkan makanan yang akan diberikan pada anak tetap higienis. Bersihkan semua alat makan dengan sabun khusus bayi. Lalu makanan diberikan dengan tepat yaitu makanan yang diberikan sesuai dengan nafsu makan dan tingkat kekenyangan anak, serta penyesuaian porsi dengan usianya. Ibu juga perlu membuat jadwal yang teratur dengan tiga makanan utama dan dua camilan.

Dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id), ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh ibu dalam menyiapkan MPASI, salah satunya perlengkapan MPASI untuk si kecil.

Sikat Gigi Bayi Anti Slip (Finger Toothbrush)

Produk ini berguna untuk membersihkan gigi bayi usia 0-2 tahun. Cara membersihkan sikat gigi tersebut cukup dicuci biasa atau dimasukkan ke dalam sterilizer dengan suhu sekitar 180 derajat.

Piring Silikon Anti Tumpah

Biasanya saat MPASI, anak seringkali mengeksplor benda-benda di sekitarnya. Piring anti tumpah yang terbuat dari bahan premium silikon dan tentunya bebas BPA bisa menjadi salah satu alternatif sebagai wadah makanan untuk si kecil. Cukup ditaruh di meja, nantinya piring tersebut langsung menempel dan bisa dilepas lagi ketika anak sudah selesai makan.

Sendok dan Garpu Anti Sedak

Barang-barang ini menjadi salah satu yang bermanfaat untuk si kecil agar bisa makan secara mandiri. Bagi ibu-ibu yang memiliki anak usia di atas 6 bulan, bisa mencari sendok dan garpu dengan bahan silikon food grade dan bebas BPA. Cara mencucinya pun mudah, cukup dicuci biasa atau menggunakan sterilizer.

(Red)