Beranda Pemerintahan Akui Sunat Dana Bantuan, IPQ Klaim Pemotongan untuk Beli Alat Penanganan Covid-19

Akui Sunat Dana Bantuan, IPQ Klaim Pemotongan untuk Beli Alat Penanganan Covid-19

Kantor Kemenag Kota Tangerang. (Alwan/bantennews.co.id)

TANGERANG – Ketua Forum Ikatan Pendidikan Al-Qur’an (IPQ) Kota Tangerang, Ma’mun Santanur membenarkan adanya pemotongan dana bantuan bagi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPTQ). Pemotongan dana bantuan Covid-19 untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an itu sebesar Rp5 juta.

Ma’mun mengatakan, pemotongan dilakukan untuk pembelian alat-alat penanganan Covid-19. Kata dia, pembelian alat-alat tersebut dikelola oleh IPQ pusat dengan menunjuk perusahaan pengadaan alat-alat penanganan Covid-19.

Pihaknya hanya melakukan pengumpulan uang dan pendistribusian barang ke masing-masing LPTQ.

“Pengadaan alat-alat itu dikelola pusat, kita hanya mendistribusikan saja,” katanya saat dikonfirmasi melalui telpon, Rabu (18/11/2020).

Alat-alat yang diberikan di antaranya, thermogun, face shield, sinar UV untuk ruangan dan lainnya. Selain mendapatkan barang, LPTQ nantinya juga diberikan kwitansi pembelian senilai Rp4.825.000. Sedangkan Rp175 ribu sisanya diberikan untuk kegiatan organisasi.

“Sisanya memang untuk organisasi tapi itu juga untuk kegiatan-kegiatan, kita ada dokumentasinya,” terangnya.

Ia mengklaim, pembelian alat penanganan Covid-19 tersebut tidak dipaksakan, masing-masing LPTQ juga dapat membelikan perlengkapannya sendiri. Kata dia, banyak PTQ yang mendapat bantuan di luar yang diurus IPQ.

“Mereka ada yang dapat bantuan melalui anggota DPR pusat, dipotong juga dengan besaran yang sama, tapi mereka malah nanya sama kita. Saya bilang tanya saja sama orang itu, kita mengelola yang masuk organisasi kita,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama (Kemenag) RI memberikan Bantuan Operasional (BOP) Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di Kota Tangerang. Kucuran dana bantuan sebesar Rp10 juta itu diberikan untuk membantu biaya operasional TPQ di masa pandemi Covid-19.

Namun, dalam penyalurannya bantuan itu diduga dipotong oleh oknum forum PTQ di Kota Tangerang. “Teman-teman yang mendapatkan bantuan Covid-19 untuk PTQ dipotong sebesar Rp5 juta. Berarti kan setengah dari total bantuan yang diberikan,” ujar MS, salah satu pengurus PTQ di Kota Tangerang, Rabu (18/11/2020).

MS menjelasakan, pemotongan itu juga dikeluhkan pengurus PTQ di wilayah Kecamatan Cipondoh. Menurut oknum tersebut, pemotongan dilakukan untuk pembelian peralatan penanganan Covid-19.

“Katanya buat beli peralatan Covid-19 ngomongnya mah tapi gak tau juga,” ungkapnya.

(Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini