Beranda Uncategorized Aktivis ICW Dikabarkan Bakal Maju di Pilkada Tangsel

Aktivis ICW Dikabarkan Bakal Maju di Pilkada Tangsel

Ade Irawan, Direktur Visi Integritas - foto istimewa

TANGSEL – Ade Irawan, aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW), dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Nama aktivis anti-korupsi ini ramai diperbincangkan di media sosial bakal maju sebagai kandidat pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Bonnie Triyana, sejarawan yang tinggal di Tangsel mengaku mendapat kabar bahwa Ade Irawan akan bertarung di Pilkada Tangsel 2020.

“Sebagai warga Tangerang Selatan tentu saya senang mendengar seorang aktivis yang nyaring suaranya melawan koruptor memutuskan terjun ke politik untuk jadi walikota. Birokrasi butuh darah segar, politik butuh wajah baru dan warga membutuhkan terobosan baru untuk membuat kualitas hidup lebih baik. Semoga Ade Irawan serius dengan itikadnya,” tulisnya melalui Facebook, Jumat (14/6/2019).

Tafta Zani, warga Pamulang, Kota Tangsel juga menulis status tentang Ade Irawan menjadi kandidat Walikota Tangsel. Tafta Zani melalui tulisannya menilai Ade selama ini dikenal luas sebagai aktivis di ICW, lembaga anti rasuah.

Ia bukan orang partai politik. Menurutnya, dua hal yang disebut terakhir ini yang bikin orang seperti Ade secara prosedural sukar jadi kandidat. Sudah jadi pengetahuan umum betapa mahal dan tak mudahnya untuk dapat dukungam partai.

“Makanya sebagai impian (Ade sebagai kandidat walikota-red) ini mewah. Tapi ada banyak kasus figur independen beroleh dukungan partai, lalu muncul sebagai kandidat dan menang. Faktor penjelasnya karena ia punya integritas dan rakyat menginginkannya,” ujarnya.

Tafta menilai, sudah sangat lama diam-diam rakyat merindukan hadirnya pemimpin yang tegas, bersih dan terbuka. Opsi untuk mendapatkan figur seperti itu harus dibuka sumber rekrutmennya, bukan melulu berasal dari figur politik atau orang partai.

“Tidak mudah, tapi jika warga menghendaki, demokrasi memberi peluangnya karena partai juga tak ingin ditinggalkan warganya,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, wartawan masih berupaya  mendapatkan konfirmasi dari Ade Irawan. (Ink/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini