Beranda Pilkada Serentak 2020 Airlangga Pastikan Munas Golkar Digelar Desember 2019

Airlangga Pastikan Munas Golkar Digelar Desember 2019

1020
0
(Sumber ilustrasi: beritasatu.com)

JAKARTA –  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan musyawarah nasional (munas) partainya tetap dilaksanakan pada Desember 2019. Airlangga menyebut partai berlambang pohon beringin itu memiliki mekanisme yang sudah berjalan sejak 2004 lalu.

Hal itu ditegaskan Airlangga menanggapi pernyataan Politikus Golkar Bambang Soesatyo yang mengatakan sudah seharusnya semua partai pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin menggelar kongres, muktamar, munas, atau konsolidasi internal sebelum 1 Oktober 2019.

“Kan masing-masing (partai) punya mekanisme sendiri-sendiri,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/8/2019).

Airlangga mengatakan sejak era Jusuf Kalla (JK), Aburizal Bakrie alias Ical, sampai Munas Golkar terakhir 2014 ataupun Munaslub pada 2017 lalu selalu dilaksanakan pada Desember.

“Jadi kami mengikuti mekanisme yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Bamsoet berpendapat Golkar seharusnya menggelar kongres dan muktamar serta segala konsolidasi internal sebelum 1 Oktober 2019.

“Ini pendapat saya pribadi seharusnya memang parpol-parpol pendukung pemerintah itu konsolidasinya sudah selesai sebelum 1 Oktober. Seperti apa yang dilakukan PDI Perjuangan harusnya jadi contoh dari partai politik (pendukung) pemerintah lain,” kata Bamsoet di Hotel Ashley, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Bamsoet mengatakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pun telah memastikan mengikuti jejak PDI Perjuangan yang menggelar Kongres sebelum Oktober. PKB akan menggelar Muktamar pada 20 Agustus mendatang di Bali.

Menurut Bamsoet, hal ini mestinya memang dilakukan agar ketika pemerintahan Jokowi-Ma’ruf resmi berjalan sudah tak ada lagi konsolidasi-konsolidasi di internal partai. Walhasil, kata dia, semua partai politik bisa fokus membantu Jokowi-Ma’ruf dalam pemerintahan baru.

“Sehingga pemerintah ke depan tidak terganggu lagi dengan konsolidasi partai yang bisa saja akan ganggu jalannya pemerintahan,” ujarnya.

Airlangga dan Bamsoet merupakan dua kandidat calon ketua umum Golkar yang sudah menyatakan diri secara terbuka. Pemilihan orang nomor satu di Golkar itu dilakukan dalam pelaksanaan Munas. Mereka berdua kini tengah menggalang dukungan dari para pemilik hak suara.(red)

Sumber : CNNIndonesia.com