Beranda Pemerintahan Ada Pelatihan Kerja Gratis di Disnaker Kabupaten Tangerang, Ini Jurusan yang Tersedia

Ada Pelatihan Kerja Gratis di Disnaker Kabupaten Tangerang, Ini Jurusan yang Tersedia

Pelatihan Kerja Gratis di Disnaker Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang melalui UPTD BLK menggelar pelatihan gratis bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. Pelatihan ini, untuk mencetak pekerja yang kompeten dan berdaya saing.

Kepala UPTD Latihan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Suparman  menerangkan bahwa saat ini sudah terbentuk Forum Komunikasi antara Lembaga Pelatihan dan Dunia Industri Daerah  (FKLPI-D) Kabupaten Tangerang.

Dengan adanya forum tersebut nantinya alumni peserta pelatihan UPTD Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang dapat terserap di perusahaan yang tergabung dalam FKLPI-D sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

“Jadi, perusahaan yang tergabung dalam FKLPI-D membutuhkan pekerja yang terkait dengan 4 kejuruan yang ada di UPTD Latihan Kerja, makanya kita siapkan pelatihan empat kejuruan ini,” kata Suparman, Sabtu (1/10/2022).

Empat kejuruan yang ada di UPTD Latihan Kerja yaitu pelatihan menjahit (Pakaian dan Sepatu), pelatihan las (Weiding), pelatihan otomotif (Teknisi sepeda motor dan Operator Forklift), dan TIK (Basic Office, Desain Grafis, POA dan COA).

“Setelah dilatih, mereka akan mendapatkan sertifikat baik yang dikeluarkan oleh UPTD Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kab. Tangerang maupun dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” Jelasnya.

Ia pun menjelaskan untuk pendaftaran bisa melalui Aplikasi Siapkerja yang dipastikan sudah terverifikasi. Selain itu, bisa juga dilakukan melalui website blk-tangerangkab atau scan barcode yang sudah di siapkan.

“Selanjutnya, untuk persyaratan yang diperlukan. Mulai dari KTP Kabupaten Tangerang, ijazah terakhir, Kartu AK-1 (Kartu Kuning), pas photo 3×4 berwarna dan usia 18 s/d 35 tahun. Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi (021) 22595495 atau melalui WhatsApp 082122553636,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat Kabupaten Tangerang terutama anak muda yang masih belum memiliki pekerjaan, segera mendaftar. Menurutnya, sertifikat akan memudahkan masuk ke perusahaan.

“Ayo, manfaatkan pelatihan ini gratis Jangan sampai kelewatan. Fasilitas yang kami sediakan juga banyak mulai  dari seragam pelatihan, training kit, makan siang dan asrama,” ajak dia.

Sebagai informasi, di anggaran perubahan tahun 2022 UPTD Latihan Kerja juga akan membuka pelatihan jangka pendek (40 Jam Pelajaran) yaitu Barista, Service AC dan pemasangan jaringan listrik sederhana rumah tangga.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini