Beranda Sosial ACT Berbagi Kebahagiaan untuk Korban Terdampak Pandemi

ACT Berbagi Kebahagiaan untuk Korban Terdampak Pandemi

Foto istimewa

SERANG – Di saat umat muslim sedunia merayakan Idulfitri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) ikut berbagi kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan, mulai dari distribusi zakat fitrah hingga ratusan paket beras tiap harinya.

Indriyani merupakan salah satu yatim yang mendapatkan paket lebaran dari ACT. Wajah sumringah terlihat dari remaja yang tinggal bersama ibu dan seorang kakak dan adiknya di Kampung Areman, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis ini. “Terima kasih ACT. Indri dapat kado Lebaran,” ungkap Ida Faridah, ibunda Indriyani, Jumat (29/5/2020).

Selain Indri, paket lebaran untuk yatim juga hadir bagi puluhan yatim lainnya. Kepala Cabang Depok Gunawan Mukti Aji menjelaskan, paket Lebaran yang diberikan ke yatim ini berupa kebutuhan pangan serta uang santunan. Melalui program ini diharapkan bisa menjadi penghibur di hari raya, khususnya bagi yatim yang menerima.

“ACT sendiri tak libur selama hari raya Idul fitri. Sejak hari Lebaran, ACT terus mendistribusikan paket pangan lewat program Humanity Care Line. Sekarang paket Lebaran untuk yatim,” jelasnya.

Di sisi lain, bantuan pun terus disebarkan salah satunya melalui anggota Humanity Bikers dari Humanity Care Line. Ari merupakan salah satu orang yang merelakan waktu berlebarannya untuk kepentingan bersama. Anggota Humanity Bikers dari Humanity Care Line ini sejak hari hari pertama Idulfitri, tetap bertugas mengantarkan paket pangan ke masyarakat.

“Ini tanggung jawab ya. Lebaran sekarang kan juga lagi ada wabah, beda sama Lebaran tahun sebelumnya. Banyak orang yang mungkin sedang kesulitan makan, sekali pun sedang hari raya,” ungkapnya.

Ari mengaku tak masalah dengan waktunya yang harus dipenuhi untuk menunaikan kewajiban sebagai pekerja kemanusiaan. Namun, di samping itu ada tantangan tersendiri saat mengantar. “Kalau misalkan enggak ada orang di rumahnya (penerima manfaat), saya titipkan ke tetangga.

Tapi setelah itu saya konfirmasi ke penerima manfaat beserta bukti foto penyerahan ke tetangga. Bagaimanapun ini amanah besar titipan masyarakat Indonesia untuk masyarakat prasejahtera yang ekonominya sedang terdampak corona,” jelas Ari yang juga merupakan korban PHK dari perusahaan sebelumnya.

Gunawan menambahkan, tiap harinya ada 100-200 paket beras yang diantarkan seantero Depok hingga Kabupaten Bogor. Bahkan di hari raya, jumlah paket yang diantar tak berkurang, masih di angka ratusan paket per harinya. Tak liburnya Humanity Care Line ini dilakukan agar masyarakat tetap terpenuhi kebutuhan pangannya walau sedang libur Lebaran. “ACT terus melayani masyarakat melalui berbagai programnya, walau sedang berlebaran,” jelasnya.

Cerita lainnya berasal dari Kampung Muka, Jakarta Utara. Marfuah kini tak lagi mengajar anak-anak mengaji karena pandemi menghentikannya. Otomatis pemasukannya per bulan pun terhenti. “Libur semuanya (anak-anak). Selama pandemi ini ya, tidak ada (pemasukan). Jadi ya di rumah saja,” ujar Marfuah ditemui di rumahnya di kawasan Kampung Muka, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Ramadan kemarin menjadi Ramadan yang berbeda baginya karena kebutuhan selama bulan puasa, ia andalkan dari bantuan. “Ya (untuk kebutuhan sehari-hari) mengandalkan bantuan dari ACT. Seperti beras, mi instan, sarden. Waktu sahur sempat ada pembagian nasi juga. Ya alhamdulillah, ada bantuan. Kemarin kan ACT ada pembagian beras juga, lalu ada telur dan minyak juga bantuan dari orang lain. Jadi untuk Lebaran ini kita masak opor telur,” ucap Marfuah.

Selain mengetuk pintu Marfuah, tim ACT juga membagikan sajian Humanity Food Truck kepada ratusan warga lainnya. Sebanyak 500 paket makanan siap santap didistribusikan kepada warga dan sebagian dilakukan dari rumah ke rumah untuk memastikan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak fisik tetap terlaksana.

“Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik aksi kita. Kami berharap, meskipun keadaan sedang sulit karena pandemi seperti sekarang ini, tapi warga dapat tetap berbahagia karena kepedulian dari para dermawan,” tutur Robi selaku Koordinator Aksi Humanity Food Truck. Insyaa Allah, ACT akan terus membagikan beras gratis sebanyak 1.000 ton, memberdayakan 10.000 petani, mendukung 1.000 UKM dan juga berikhtiar membagikan 1 juta masker kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Mari hadirkan beragam bantuan untuk saudara sebangsa yang membutuhkan. Bersama, kita tunjukkan solidaritas kita untuk kuatkan saudara sebangsa. indonesiadermawan.id/BersamaSelamatkanBangsa.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini