Beranda Komunitas ABCD Training untuk Masyarakat Banten yang Lebih Baik

ABCD Training untuk Masyarakat Banten yang Lebih Baik

ABCD Training (Asset Based and Community Driven Development) dilaksanakan sejak tanggal 30 Juli hingga 10 Agustus 2018 di Desa Ciodeng dan Desa Bojong Manik, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Banten. (Foto: Istimewa)

PANDEGLANG – LAZ HARFA bekerja sama dengan Caritas Australia dan Australian Aid menggelar ABCD Training (Asset Based and Community Driven Development) yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis aset yang didorong oleh komunitas atau biasa disebut Community Development. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 30 Juli hingga 10 Agustus 2018 di Desa Ciodeng dan Desa Bojong Manik, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Banten.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan fasilitator lapangan Laz Harfa ini dilaksanakan selama dua pekan, yang terdiri dari pekan pertama pelatihan dengan mempelajari alat analisisnya serta pada pekan keduanya dilakukan praktik langsung di masyarakat dengan menerapkan alat analisis ABCD ini secara langsung bersama masyarakat desa.

Puguh Puji Purwoto selaku Ketua Caritas Australia wilayah Indonesia menjelaskan bahwa tujuan dari Pelatihan ABCD ini adalah untuk memberikan serta memastikan ketepatan intervensi mengubah dan membangun masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di pedesaan, sesuai dengan potensi yang ada untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya.

Penggunaan alat analisis pelatihan ABCD ini terdiri dari berbagai tipe, di antaranya adalah tipe aset (untuk menganalisis potensi alam maupun fisik di desa), tipe kemiskinan (untuk menganalisis perekonomian, pemasukan serta pengeluaran masyarakat), tipe impian (untuk menganalisis visi misi masyarakat di desa), serta berbagai tipe alat analisis lainnya.

Proses pembuatan alat-alat analisis ini sangatlah sederhana, hanya dengan beberapa lembar kertas plano, spidol serta kertas karton sebagai bahan pembuatan alat analisis peraga sederhana yang semua pembuatannya didasarkan pada pemahaman masyarakat, guna terbukanya wawasan dan kesadaran masyarakat untuk terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

Kamad (64) selaku tokoh masyarakat Desa Bojong Manik menuturkan bahwa ia belum pernah merasakan hari paling bahagia dalam hidupnya selain hari ini, “Pelatihan ABCD ini sangat bermanfaat, memberikan kami banyak ilmu dan pengetahuan sehingga membuat kami sadar dan bisa lebih mengenali diri dan berbagai potensi yang ada di desa kami. Pelatihan yang sangat bagus. Saya mewakili masyarakat desa sangat berterima kasih sudah diperhatikan dan diberikan banyak manfaat atas pelatihan ABCD ini, semoga kami bisa segera menerapkannya.”

Imam Hidayat, selaku Koordinator Fasilitator Lapangan Laz Harfa menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ABCD ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas fasilitator lapangan/Desa dalam bidang Community Development (ComDev) dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam project yang dilaksanakan LAZ Harfa dengan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi lokal. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini