Beranda Gaya Hidup Khasiat Luar Biasa Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Khasiat Luar Biasa Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Bawang merah. (Foto : google)

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang identik dengan masakan Indonesia. Tanaman umbi-umbian ini merupakan sumber utama bagi hampir sebagian besar masakan Nusantara.

Bawang merah memiliki aroma yang sangat kuat. Ketika dipotong, uap bawang merah bisa bikin siapa saja ‘menangis’.

Selain aroma dan rasanya yang kuat, bawang merah ternyata memiliki banyak sekali manfaat di samping sebagai bumbu dapur.

Manfaat bawang merah tersebut mulai dari untuk kesehatan, membersihkan perabotan, kecantikan hingga menjaga warna makanan.

Berikut adalah 5 manfaat bawang merah yang jarang diketahui orang-orang.

1. Mengatasi kulit terbakar

Bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar. Ahli pengobatan tradisional di The People’s Pharmacy mengklaim bahwa jus bawang segar merupakan balsem yang sempurna untuk mengatasi luka bakar baru.

Bawang merah bahkan bisa mencegah kulit melepuh akibat luka bakar. Caranya, ambil bawang merah utuh dan potong jadi beberapa bagian. Setelah itu oleskan pada luka bakar.

2. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat

Masukkan bawang merah, oatmeal, dan madu ke dalam blender. Setelah menjadi pasta, oleskan pada jerawat dan bekas jerawat.

Laman Speedy Remedies menyarankan untuk membiarkan masker alami ini selama sepuluh menit sebelum mencuci wajah seperti biasa.

Sahabat Dream juga bisa membuat obat jerawat berbahan bawang merah lainnya. Caranya, campurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok makan jus bawang, dan 2 sendok makan jus mentimun.

Oleskan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama sepuluh meninggalkan sebelum mencuci wajah seperti biasa.

3. Menghilangkan karat dari pisau

Cukup dengan bawang merah, pisau dapur jadi bebas karat. Cara mudah menghilangkan karat dari pisau dapur adalah dengan menggosokkannya ke bawang merah berukuran besar sebanyak tiga sampai 4 kali. Jika sangat berkarat, mungkin perlu diulang beberapa kali.

4. Memoles logam

Kamu memiliki hiasan yang terbuat dari logam, dan merasa kesulitan untuk membersihkan noda dan debu? Potongan bawang merah dapat menjaga warna tetap bersinar dan terhindar dari noda yang dapat merusak kandungan logam.

5. Mencegah avokad berubah warna

Bawang merah ternyata bisa digunakan untuk menjaga warna daging buah avokad. Jika dibiarkan dalam kondisi sudah terbelah, daging avokad biasanya akan berubah warna menjadi agak kehitaman.

Cara mencegah agar daging buah avokad tidak berubah warna adalah dengan menggunakan bawang merah.

Caranya adalah memasukkan potongan bawang ke dalam wadah yang berisi irisan atau potongan avokad. Cara ini akan membuatnya warna avokad tetap hijau lebih lama.

Sulfur dioksida biasanya digunakan sebagai pengawet makanan. Dan sulfur dioksida itu juga terdapat pada bawang merah.

Demikianlah berbagai manfaat bawang merah yang mungkin jarang diketahui orang-orang. Semoga bermanfaat. (Red)

Sumber : dream.co.id

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini