Beranda Gaya Hidup Bukan Pagi Hari Loh, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

Bukan Pagi Hari Loh, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

Ilustrasi - foto istimewa nakita.id

Minum kopi di pagi hari merupakan hal yang wajib untuk dilakukan bagi sebagian orang. Kebanyakan mereka beralasan untuk menambah energi setelah bangun tidur.

Namun ternyata minum kopi di pagi hari dianggap sebagai waktu yang terburuk. Sebab kadar hormon kortisol dalam tubuh saat di pagi hari masih sangat tinggi.

Selain itu minum kopi di pagi hari dan tepat saat bangun tidur dapat menyebabkan tubuh merasa gelisah dan sangat kelelahan setelah beberapa jam kemudian.

“Batasi kopi saat pertama kali bangun pagi,” kata Laura Cipullo, ahli diet, dikutip dari detik.com.

Ketika bangun tidur, tubuh menghasilkan jumlah hormon kortisol yang sangat banyak dan menyebabkan kamu merasa waspada dan cemas. Jika ditambah dengan kopi yang pastinya mengandung kafein, kadar kortisol dalam tubuh akan lebih meningkat.

Mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya kafein mengganggu produksi kortisol tubuh, hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres dan glukosa darah yang rendah.

“Minum kopi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun,” kata Cipullo.

Dalam sebuah penelitian oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus tersendiri dan akan mencapai puncak tertinggi pada 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, dan jam 17.30-18.30 walau pada tiap orang mungkin saja berbeda.

Para ahli menyarankan waktu yang paling tepat untuk minum kopi yakni pada saat produksi hormon kortisol mulai menurun antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini