Beranda Opini Pertanian 4.0: Memperluas Inovasi di Era Pertanian Cerdas

Pertanian 4.0: Memperluas Inovasi di Era Pertanian Cerdas

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama para petani. (Ist)

Oleh Rizky Saputra 

Pertanian mengalami revolusi teknologi baru yang didukung oleh para pemimpin politik di seluruh dunia. Sementara teknologi cerdas, seperti kecerdasan buatan, robotika dan internet hal -hal, dapat memainkan peran penting dalam mencapai produktivitas yang lebih besar dan ekoefisien yang lebih besar, para kritikus telah menyarankan bahwa pertimbangan implikasi sosial dikeluarkan.

Penelitian ini menggambarkan bahwa beberapa profesional pertanian prihatin dengan penggunaan teknologi cerdas tertentu. Faktanya, beberapa penelitian berpendapat bahwa komunitas pertanian dapat diubah atau “ditulis ulang” dengan cara yang tidak diinginkan, dan ada preseden yang menunjukkan bahwa komunitas yang lebih luas dapat khawatir tentang teknologi pertanian radikal yang baru. Oleh karena itu, kami mendorong para pemimpin politik, pemodal, perusahaan teknologi dan peneliti untuk mempertimbangkan pendapat komunitas pertanian dan masyarakat secara umum.

Di bidang pertanian, konsep inovasi yang bertanggung jawab belum dipertimbangkan secara luas, meskipun dua dokumen baru -baru ini telah memberikan saran yang bermanfaat. Kami membangun intervensi ini dengan menyatakan bahwa dimensi utama dari inovasi yang bertanggung jawab (antisipasi, inklusi, refleksi dan kapasitas respons) harus diterapkan pada revolusi pertanian keempat ini. Namun, kami berpendapat bahwa ide -ide inovasi yang bertanggung jawab harus berkembang lebih besar untuk membuatnya relevan dan kuat untuk teknologi pertanian yang muncul, dan bahwa kerangka kerja harus diuji dalam praktik untuk melihat apakah mereka dapat secara aktif membentuk rute inovasi. Dengan memberikan saran tentang cara membangun kerangka kerja yang lebih komprehensif untuk inovasi yang bertanggung jawab dalam pertanian berkelanjutan, kami bertanya: (i) pendekatan yang lebih sistemik yang memberikan dan memperhatikan ekologi inovasi yang lebih luas terkait dengan revolusi pertanian keempat ini; (ii) Perluasan gagasan “partisipasi” dalam inovasi yang bertanggung jawab untuk lebih menghitung berbagai ruang partisipasi dan sudah ada dalam teknologi pertanian, dan (iii) mencoba kerangka kerja yang lebih besar dalam praktiknya untuk melihat apakah mereka dapat percaya Proses inovasi yang lebih bertanggung jawab secara sosial.

Beberapa orang akan berpendapat bahwa “Revolusi Pertanian 4.0” (Dison dan Frankelius, 2015) atau “Pertanian 4.0” (Bartmer di Frankelius, 2017) telah dimulai. Setiap revolusi pertanian sebelumnya adalah radikal pada saat itu: yang pertama mewakili transisi dari perburuan dan pengumpulan ke pertanian permanen, yang kedua terkait dengan revolusi pertanian Inggris pada abad ke -18, dan yang ketiga terkait dengan peningkatan peningkatan pasca pasca pasca pasca pos -Produktivitas reputasi yang terkait dengan mekanisasi dan revolusi hijau di negara dalam pembangunan. Meskipun inovasi teknologi bukanlah hal baru bagi pertanian, teknologi yang muncul, seperti Internet of Things, Cloud Computing, Robotika dan Kecerdasan Buatan (AI), memiliki potensi untuk mengubah pertanian tanpa diakui (Wolfert, 2017), oleh karena itu , perubahan ke pertanian 4.0 (lihat reorganisasi teknologi komunitas).

Tentu saja, tidak ada kekurangan penggunaan teknologi ini; Pendekatan pertanian yang cerdas digunakan untuk meningkatkan keakuratan penerapan pupuk, pestisida, dan herbisida (Carolan, 2016). Pendekatan pertanian yang cerdas, termasuk penggunaan rangkaian intelijen Cortana Microsoft, saat ini digunakan untuk menentukan tanggal perkebunan yang optimal untuk tanaman di seluruh dunia, seperti di India dan Kolombia (López dan Corrales, 2018). Kendaraan udara tak berawak, atau drone, digunakan untuk membantu identifikasi gulma (Lottes et al., 2017), dan robot membantu petani buang air kecil (Driessen dan Heutinck, 2015) dan menghilangkan gulma (Fennimore, 2017).

Kebijakan dan tanda -tanda sektor swasta menunjukkan bahwa akan ada peningkatan pertumbuhan di belakang pertanian 4.0. Menteri Luar Negeri Inggris baru -baru ini mengumumkan investasi sebesar £ 90 juta untuk menghasilkan “revolusi teknis” untuk mengubah produksi pangan, yang akan menempatkan Inggris di “lini pertama” pertanian maju (Departemen Strategi Industri Business Energy et al. 2018). Yunani telah mengumumkan digitalisasi pertanian, dengan data besar dan Internet of Things, ditempatkan di garis depan pertanian (Euractiv.com, 2018). Sebagian besar investasi ini akan dilakukan dalam pengembangan teknologi cerdas, yang penggunaannya telah diproyeksikan bahwa ia akan tumbuh secara eksponensial dalam 10 tahun ke depan.1 Revolusi teknologi pertanian serupa telah diprediksi di seluruh dunia, seperti di Jepang (Jepang Times. , 2017), bagian Asia lainnya (“Revolusi Hijau Kedua”, The Economist, 2014), Irlandia (Irish News, 2017) dan Australia (Financial Review, 2016).

Konsep terkemuka dalam pertanian berkelanjutan, terutama “intensifikasi kontinu” (SI), juga mencakup teknologi cerdas yang muncul. Karena itu muncul sebagai konsep pada 1990 -an, jika telah didefinisikan dalam beberapa cara (Gunton et al., 2016), dan tetap diperdebatkan. Smith et al. (2017) melacak asal apakah ke karya Pretty (1997) yang pekerjaannya berusaha membangun proyek kolaborasi antara peneliti dan petani untuk kepentingan produktivitas, profitabilitas, lingkungan dan masyarakat. Pilar -pilar berkelanjutan ini masih sering dimasukkan dalam definisi dirinya sendiri; Misalnya, Gunton et al. (2016) menganggapnya sebagai proses di mana produktivitas meningkat tanpa merusak lingkungan dan, jika mungkin, juga menghasilkan manfaat sosial dan lingkungan. Ini juga terkait dengan efek eko (Gadanakis et al., 2015), sebagai kompensasi antara kinerja ekonomi dan ekologis, dan dapat dianggap sebagai tujuan, proses atau serangkaian prinsip (lihat Firbank et al., 2018). Selain definisi, gagasan intensifikasi terus menerus semakin populer dalam penelitian dan kebijakan. Ulasan tentang bagaimana gagasan itu dikembangkan bahwa ia mengadopsi pendekatan teknologi untuk mencapai tujuannya (Mahon et al., 2017; Smith et al., 2017), sementara upaya untuk mendefinisikan serangkaian praktik standar juga mendukung teknologi pendekatan yang tinggi dan cerdas (Dicks, 2018).

Penulis mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Terknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini