Beranda Uncategorized Saprol-Iyus Pimpin Pokja Wartawan, Wagub Banten Minta Fungsi Social Listening Jurnalis Kawal...

Saprol-Iyus Pimpin Pokja Wartawan, Wagub Banten Minta Fungsi Social Listening Jurnalis Kawal Pembangunan

Ketua dan Wakil Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinai Banten yang baru Deni Saprowi (kanan) dan Tb Iyus usai terpilih. (Foto -panitia)

PANDEGLANG – Jurnalis Radar Banten Deni Saprowi atau yang kerap disapa Saprol dan Jurnalis BantenNews.co.id, Tb Moch Ibnu Rushd atau biasa disapa Tb Iyus terpilih secara aklamasi sebagai Ketua dan Wakil Ketua Kelompok Kerja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten periode 2021-2023 pada Kongres VI di Hotel Coconut Island, Labuan, Pandeglang, Minggu (29/8/2021).

Terkait terpilihnya dua jurnalis itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengucapkan selamat kepada keduanya dan meminta pokja wartawan yang mereka pimpin mengawal pembangunan di Provinsi Banten dengan fungsi social listening yang dimiliki para jurnalis.

“Secara pribadi dan sebagai Wakil Gubernur Provinsi Banten saya mengucapkan selamat kepada Kang Saprol dan Kang Iyus, semoga Pokja wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten bisa menjadi mitra Pemprov Banten melalui fungsi social listening yang dimiliki para jurnalis yang berhimpun,” kata Andika dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual pada acara pengukuhan pasangan terpilih di kongres tersebut.

Menurut Andika, pokja wartawan sebagai mitra strategis Pemprov Banten diharapkan dapat melakukan fungsi social listening yang dimilikinya, salah satunya dapat menyerap aspirasi dan kebutuhan riil yang terjadi di masyarakat untuk kemudian dapat dijabarkan dalam program pembangunan Pemprov Banten.

“Di era digital seperti sekarang, fungsi social listening tersebut sudah banyak diambil perannya oleh media sosial. Namun tentu yang paling objektif hal itu hanya bisa dilakukan oleh jurnalis melalui lembaga persnya,” kata Andika.

Andika berharap para jurnalis khususnya yang tergabung di pokja wartawan ini dapat terus mengembangkan program kemitraan dengan Pemprov Banten. Khususnya, kemitraan media yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat dan komunikasi pembangunan daerah untuk concern pada penyebarluasan informasi tentang potensi daerah, destinasi unggulan pariwisata dan program pembangunan Pemprov Banten kepada masyarakat luas.

Lebih jauh Andika mengatakan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, Pemprov Banten mengajak jurnalis yang terhimpun di pokja wartawan tersebut untuk turut mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, sebagai komitmen dan upaya bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Provinsi Banten.

“Kolaborasi dengan multistakeholder untuk memerangi hoax dan disinformasi pada masa pandemi covid-19 juga sangat diperlukan,” ucapnya.

Harapan senada sebelumnya disampaikan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Banten Beni Ismail yang mewakili Gubernur Banten, Wahidin Halim membuka kongres tersebut.

Menurutnya, kondisi pandemi sangat berpengaruh tergadap pembangunan daerah. Untuk itu diperlukan peran media dalam menyebarluaskan informasi-informasi pembangunan daerah.

“Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten diharapakan menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi Banten,” imbuh Beni.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini