Beranda Peristiwa 80.891 Pohon Sudah Tertanam di Tol Tangerang-Merak

80.891 Pohon Sudah Tertanam di Tol Tangerang-Merak

Manajemen PT Marga Mandalasakti foto bersama usai penanaman pohon. (Ade/bantennews)

 

SERANG– Rangkaian penghijauan yang telah dilakukan sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini sebanyak total 80.891 pohon telah ditanam oleh Astra Tol Tangerang-Merak. Penanaman pohon di sepanjang jalan tol mampu menurunkan pencemaran udara dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor dan juga menjaga iklim makro karena menyediakan oksigen di sepanjang tahun. Selain manfaat tersebut juga diharapkan dapat menjadi pemecah hempasan angin yang berbahaya bagi pengendara yang melintas di Tol Tangerang-Merak sehingga dapat berkendara dengan lancar, aman dan nyaman.
“Kami menyadari pentingnya berkomitmen dan peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga bisa menciptakan keasrian dan keindahan dengan terus menjaganya bersama. Melalui penanaman pohon ini Astra Tol Tangerang-Merak berupaya meningkatkan pelestarian lingkungan sebagai bentuk pelayanan kepada pengguna jalan agar merasa nyaman saat melintas di Tol Tangerang-Merak,” jelas Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiono, Kamis(30/8/2018).

Krist juga menambahkan bahwa penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk implementasi tanggung jawab perusahaan sekaligus merupakan wujud komitmen Astra Tol Tangerang-Merak dan pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman di sekitar Ruas Tol Tangerang-Merak.

“Kegiatan penanaman pohon memiliki tujuan utama yakni mengurangi gas CO2 dan juga kebisingan yang dihasilkan dari kendaraan bermotor sebagai upaya kami dalam mengelola lingkungan agar kualitas udara tetap terjaga dengan baik melalui penanaman khususnya mengisi dan memanfaatkan space lahan terbuka yang masih kosong dalam menciptakan jalur hijau di sepanjang Ruang milik jalan (Rumija) Tol Tangerang-Merak yang tentunya juga berdampak positif pada masyarakat sekitar yang tinggal berdampingan dengan jalan tol. Di samping itu kegiatan penghijauan ini selaras dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah dan juga PT Astra Internasional Tbk sebagai induk perusahaan,” lanjut Krist.

Ditahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak menargetkan sebanyak 2.000 pohon dalam program penghijauan setelah di tahun sebelumnya merampungkan 3.630 pohon dari target 2.000 pohon. Pada tahun 2017, penanaman dilakukan di lokasi Rumija tol dengan menanam jenis pohon Mahoni (Swietenia Majagoni), pohon Jacaranda (Botanical Name), dan pohon Bambu Jepang (Bamboo sp). Selain itu juga, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Astra Tol Tangerang-Merak membagikan pohon buah kepada pengguna jalan dan masyarakat sekitar jalan tol dan melakukan penanaman pohon di lingkungan Sekolah Dasar Binaan Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini