Beranda Kesehatan Alasan Kenapa Sarapan Itu Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Alasan Kenapa Sarapan Itu Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Kamu pernah tidak sarapan di pagi hari karena bangun kesiangan?. Bahkan mungkin bukan kamu saja yang kesiangan bahkan seisi rumah dan tidak ada seorangpun yang mendapatkan sarapan.

Kalau kamu pernah mengalami ini, lebih baik kamu baca alasan kenapa sarapan itu penting di bawah ini:

1. Menambah energi

Setelah semalaman tidur, sarapan di pagi hari memiliki peran penting. Tidur yang panjang membuat kadar gula turun. Padahal gula merupakan sumber energi.

Sarapan itu bisa membantu kamu mendapatkan energi, karena energi hanya didapat dari proses pembakaran gula yang ada dari makanan.

Sebelum memulai aktivitas berat seperti membereskan rumah, berangkat ke kantor, berangkat ke sekolah, kamu dan setiap anggota keluarga di rumah harus mendapatkan sarapan pagi terlebih dulu.

2. Membentuk enzim

Selama kita tidur, enzim pencernaan juga ikut istirahat. Saat sarapan di pagi hari, enzim yang sempat beristirahat ikut terbangun dan kembali bekerja.

Kemudian enzim dapat mencerna makanan yang masuk ke tubuh.

Jika enzim berpuasa terlalu lama dan baru diaktifkan saat waktunya makan siang, akan ada beberapa enzim yang akhirnya bekerja tidak baik. Akhirnya mengganggu kesehatan pencernaan kamu.

3. Membantu kerja otak jadi lebih baik

Ahli dari Universitas Swansea, Wales, membuktikan bahwa siswa yang selalu sarapan di pagi hati, 22 persen lebih pintar dibandingkan dengan siswa yang tisak sarapan. Ini dikarenakan energi yang didapat dari makanan membuat otak bisa bekerja dengan baik.

4. Menenangkan dan membuat bersemangat

Biasanya orang lapar jadi mudah marah. Bayangkan kalau semua orang yang tidak sempat sarapan jadi marah-marah saat menuju ke kantor.

Bila perut sudah terisi maka kamu akan tenang dan tidak kudah marah. Kemudian kamu juga akan lebih bersemangat.

5. Sarapan mencegah obesitas

Dengan memilih sarapan yang kaya akan serat dan protein maka ini bisa mencegah obesitas atau kegemukan. Kamu bisa pilih menu seperti ikan, telur, dan sayur-sayuran.

6. Menyehatkan bagi tubuh

Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

Dari penelitian terhadap 27.000 orang dewasa, ada 27 persen orang yang tidak pwrnah sarapan atau mendapatkan sarapan namun tidak teratur. Orang-orang tersebutlah yang menderita penyakit seperti disebutkan di atas.

7. Arti peribahasa “Sarapan seperti raja”

Ada peribahasa, “Sarapanlah seperti seorang raja, makan siang seperti seorang putri, dan makan malam seperti seorang fakir.”

Sebegitu pentingnya sarapan sampai terucap peribahasa seperti itu. Itu artinya di saat sarapan kita harus mengonsumsi makanan yang padat akan gizi seimbang dan lengkap. Makan siang tidak sebanyak makan pagi, begitu pun saat malam hari. (Red)

Sumber : popmama.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini