Beranda Kesehatan 5 Manfaat Gunakan Sunscreen di Cuaca Panas Menyengat

5 Manfaat Gunakan Sunscreen di Cuaca Panas Menyengat

Ilustrasi - foto istimewa

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merekomendasikan penggunaan sunscreen dengan minimal 30 SPF sebelum keluar rumah di bagian kulit yang tidak tertutup oleh baju. Hal itu dikarenakan Indonesia kini sedang dilanda cuaca panas yang menyengat.

Rupanya penggunaan sunscreen atau tabir surya ini tidak hanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari tetapi juga mengurangi risiko terkena kanker kulit. Ada banyak manfaat lain pada sunscreen untuk kesehatan kulit.

1. Mengurangi Risiko Muncul Bercak Gelap di Kulit

Mengoleskan sunscreen ke wajah bisa mencegah timbulnya noda hitam atau melasma pada kulit wajah yang muncul karena paparan sinar matahari. Selain itu tabir surya juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan skin barrier akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

2. Mengurangi Peradangan pada Kulit

Paparan sinar matahari dan UV dapat menimbulkan kemerahan parah pada kulit. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin dan tepat bisa mengurangi kemungkinan peradangan. Pilih dan pakailah jenis tabir surya yang tentunta sesuai dengan kondisi kulit.

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker Kulit

Manfaat sunscreen lainnya adalah menurunkan risiko kanker kulit. Penggunaan tabir surya diketahui bisa mencegah seseorang terkena kanker kulit, karena dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit yang disebabkan radiasi sinar UV.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mempunyai kulit sehat dan muda menjadi dambaan sejumlah orang. Penggunaan sunscreen yang benar rupanya dapat mencegah penuaan dini. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit cepat berkerut dan mengalami garis-garis halus.

5. Membuat Warna Kulit Tetap Merata

Terkena paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi gosong dan belang-belang. Pemakaian sunscreen membantu mencegah perubahan warna dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Agar mendapat manfaat sunscreen, gunakanlah tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pemakaiannya dapat dioleskan di area kulit yang terpapar sinar matahari, seperti kulit wajah, leher, telinga, dan lengan. Jangan lupa untuk mengoleskannya kembali setiap 2 jam sekali.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini