Beranda Peristiwa 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Amandel

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Amandel

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Penyakit amandel atau tonsilitis bisa menjangkit siapa saja. Penyakit yang membuat seseorang merasa nyeri saat menelan karena bengkak ini bisa menyerang seseorang kala pergantian musim.

Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Namun, bila amandel meradang dan bengkak hingga berukuran besar bisa mejadi sarang kuman.

Maka dari itu, ada baiknya seseorang mencari penyebab serta cara untuk mengobati penyakit amandel yang bengkak. Misalnya dengan mengonsumsi obat alami.

Inj serba-serbi penyakit amandel yang perlu diketahui seperti dilansir detik.com :

1. Penyebab Penyakit Amandel

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang masuk melalui mulut. Sebab, amandel sendiri berfungsi untuk menangkal bakteri atau virus yang masuk melalui mulut.

2. Obat Amandel

Ada berbagai obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit amandel. Misalnya dengan mengonsumsi jahe merah dan bawang putih karena di dalamnya terdapat zat anti peradangan, anti bakeri, hingga anti virus.

Kemudian, berkumur dengan air garam juga bisa obati infeksi bengkak pada amandel di tenggorokan.

3. Mudah Serang Anak Kecil

Anak kecil lebih mudah terserang penyakit amandel. Hal ini disebabkan ukuran amandel anak biasanya lebih besar dibandingkan milik orang dewasa.

4. Minum Es Picu Penyakit Amandel

Mengonsumsi es bisa membuat penyakit amandel meradang. Sebab es yang dikonsumsi memiliki suhu yang dingin dibandingkan suhu tubuh manusia normal.

Suhu yang jauh lebih tinggi tersebut bisa mendorong pembengkakan pada amandel.

5. Penyakit Amandel Perlu Operasi?

Ada dua cara dalam mengobati penyakit amandel, yakni secara konservatif dan operatif. Pertama, bila secara konservatif maka dilakukan dengan pemberian obat agar bengkak amandel mereda.

Kemudian, untuk cara operatif pengobatan penyakit amandel dilakukan dengan operasi atau tonsilektomi. Hanya saja, keputusan tersebut perlu ada pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Artinya, operasi bukan menjadi satu-satunya cara mengobati penyakit amandel. Seseorang bisa mengobati bengkak pada amandel dengan mengonsumsi obat. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini