Beranda Bisnis 2 Ribu Bibit Talas Beneng Kualitas Ekspor Ditanam di Pandeglang

2 Ribu Bibit Talas Beneng Kualitas Ekspor Ditanam di Pandeglang

Badan Karantina Pertanian Cilegon menyalurkan 2.000 bibit talas beneng ini sebagai langkah menyukseskan Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks) untuk kelompok tani Cibawang Janggot, Kecamatan Padarincang Kabupaten Pandeglang. Foto istimewa

PANDEGLANG – Badan Karantina Pertanian Cilegon menyalurkan 2.000 bibit talas beneng ini sebagai langkah menyukseskan Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks) untuk kelompok tani Cibawang Janggot, Kecamatan Padarincang Kabupaten Pandeglang.

Selain itu juga kegiatan ini sebagai upaya program devisa dari desa untuk negeri yang dicanangkan Badan Karantina Pertanian Cilegon.

Kepala Balai Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi menuturkan bahwa pembagian bibit ini merupakan wujud nyata karantina dalam mensukseskan program Gratieks Kementerian Pertanian. Sebagai upaya perluasan lahan budidaya talas beneng dan jaringan kerjasama antar kelompok tani dan pelaku usaha di Provinsi Banten.

“Karantina Pertanian Cilegon selain melakukan penguatan tugas pokok dan fungsi perkarantinaan, juga melaksanakan tugas startegis seperti program gratieks. Dimana program ini bertujuan memenuhi kebutuhan pangan asal produk pertanian unggulan daerah dan sekaligus memacu ekspor,” terang Arum saat, Minggu (11/10/2020).

2000 bibit talas beneng merupakan bibit yang berkualitas dan diambil langsung dari Asosiasi Pelaku Usaha Talas Beneng di Pandeglang Banten.

Rencanannya kelompok tani Cibawang Janggot akan menanam bibit tales ini dibawah pohon manggis dan cengkeh yang sudah lebih dulu dibudidayakan.

“Kami akan menanam bibit tales ini dibawah tanaman 4.500 tanaman manggis dan 7.500 tanaman cengkeh, dengan begitu kebun kami dapat menghasilkan tiga komoditas sekaligus,” ujar Masdani Ketua Kelompok Tani Cibawang Janggot.

Untuk diketahui bahwa sebaran wilayah lahan talas beneng di Kabupaten Serang meluputi Kecamatan Ciomas 25 ha, Sasahan 7 Ha dan Palima 5 ha beserta Padarincang. Talas beneng baik ditanam di daerah perbukitan dan bersama tanaman lain.

Dalam kegiatan ini, Karantina Pertanian Cilegon melakukan penanaman bibit talas beneng secara simbolik yang menjadi gerakan bersama untuk memperluas budidaya talas beneng sebagai tanaman unggulan lokal dan mensukseskan program Gratieks.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News