Beranda Peristiwa 2 Ekor Sapi  Warga Lebak Dibeli Jokowi Untuk Kurban

2 Ekor Sapi  Warga Lebak Dibeli Jokowi Untuk Kurban

Salah satu sapi milik Saban yang dibeli Jokowi. (IST)

LEBAK – Saban, peternak sapi asal Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten merasa bangga karena sapi miliknya dibeli oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban pada hari raya Idul Adha.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lebak, Rahmat Yuniar mengatakan ada dua sapi yang dibeli oleh Presiden Joko Widodo, sapi tersebut berjenis sapi /imousin dengan bobot sekitar 1 ton.

“Jelas bangga lah, karena sapi asal Lebak bisa terpilih untuk menjadi hewan kurban oleh Presiden Joko Widodo,” kata Rahmat saat dihubungi, Rabu (28/6/2023).

Ia menjelaskan, sapi yang dipilih untuk kurban Presiden RI tersebut berumur 4 tahun dan sudah divaksin, bahkan kondisinya pun sehat.

“Hewan yang akan dibeli oleh Presiden Joko Widodo haruslah melalui proses yang sangat panjang, mulai dari asal usul sapi hingga perawatannya juga haruslah diperhatikan secara ekstra,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak bulan Januari 2023 lalu, pihaknya telah mengusulkan ke Sekretariat Negara bahwa di Kabupaten Lebak ada sapi yang memiliki bobot 1 ton.

“Setelah proses panjang dan dinyatakan layak baik dari segi kesehatan, diuji laboratorium karena khawatir sapi terjangkit PMK,” katanya.

Perlu diketahui,  sapi asal Kabupaten Lebak yang dibeli oleh Presiden Jokowi akan disembelih di Masjid Al Batani Serang dan di wilayah Tangerang.

Hewan Kurban dari Presiden

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapatkan bantuan kemasyarakatan dari Presiden RI Joko Widodo, berupa satu ekor hewan kurban jenis sapi. Serah terima bantuan itu dilakukan di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, Selasa (27/6/2023).

Berdasarkan informasi, menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban berupa sapi kepada seluruh Provinsi, termasuk provinsi-provinsi baru.

Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Banten, Gunawan Rusminto mengatakan saat ini Provinsi Banten telah menerima bantuan kemasyarakatan hewan lurban berupa sapi dari Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah sudah diterima, dan beratnya itu sekitar 1,150 ton. Rencananya akan dipotong di Masjid Raya Al-Bantani, KP3B Curug, Kota Serang,” ungkap Gunawan Rusminto, Rabu (28/6/2023).

Dikatakannya, hewan kurban sapi dari Presiden Joko Widodo tersebut akan disembelih langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Selain itu, ia menyampaikan dalam rapat koordinasi terkait bantuan kemasyarakatan hewan kurban sapi tersebut, Presiden Joko Widodo meminta untuk dapat didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

(San-Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini