Beranda Uncategorized 1,25 Juta Pelanggan PLN di Banten Nikmati Stimulus Covid-19

1,25 Juta Pelanggan PLN di Banten Nikmati Stimulus Covid-19

PLN memberikan stimulus Covid-19 untuk pelanggan. (Ist)

TANGERANG – Program stimulus COVID-19 berupa subsidi listrik dari PLN bagi masyarakat khususnya di Banten, banyak meringankan beban warga.

Rasa syukur dan ucapan terimakasih dilontarkan oleh Gina Riana, seorang warga Cikupa, karena dirinya masih dapat menikmati subsidi listrik yang diberikan pemerintah melalui PLN.

Gina mengaku sejak suaminya tidak lagi memiliki pekerjaan karena tempat bekerjanya turut terdampak Covid-19, dirinya mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Alhamduillah senang masih dapat subsidi, kemarin lagi susah karena suami juga lagi nggak ada kerja, makan saja susah apalagi untuk bayar listrik. Jadi Alhamdulillah dapat subsidi sangat membantu sekali bagi saya,” ujar Gina, Jumat (19/2/2021).

Gina merupakan salah satu pelanggan PLN di Banten yang menerima bantuan Stimulus Covid-19. Sejak mendapatkan bantuan stimulus tersebut, tagihan listriknya kini jauh berkurang. “Sebelum dapat subsidi perbulan untuk listrik biayanya 300ribu perbulan, namun setelah subsidi biaya perbulan hanya sekitar 100ribuan,” tambah Gina.

Seperti yang diketahui, PLN sejak tahun 2020 telah memberikan stimulus kepada masyarakat. Bantuan tersebut pun diperpanjang hingga bulan Maret 2021. Melalui bantuan stimulus Covid-19 masyarakat mendapatkan keringan tagihan listrik berupa diskon dan pembebasan ketentuan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen.

Di PLN UID Banten sendiri, per Januari 2021, sejumlah 1.253 juta pelanggan telah menikmati bantuan stimulus yang diberikan Pemerintah melalui PLN.

General Manager PLN UID Banten, Paranai Suhasfan menuturkan, stimulus Covid-19 ini diberikan kepada pelanggan khususnya pelanggan rumah tangga dan industri.

“Untuk di Banten pelanggan yang telah menikmati stimulus Covid-19 per Januari 2021 yakni 1.253.927 pelanggan. Stimulus ini dapat dinikmati bagi pelanggan dengan tarif Rumah Tangga, Bisnis, Industri dan Sosial,” ujar Paranai.

Bagi pelanggan rumah tangga, program stimulus ini memberikan diskon 100 persen kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan yang memiliki daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Bantuan pembebasan penerapan biaya beban diberikan untuk pelanggan dengan daya dengan tarif Industri, Sosial dan Bisnis. Untuk pelanggan kategori bisnis dan industri dengan daya 450 VA juga mendapatkan keringanan diskon tagihan listrik sebesar 100 persen.

Pelanggan prabayar yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan stimulus ini dapat mengakses melalui website PLN www.pln.co.id . Pelanggan hanya perlu memasukan nomor meter ke menu stimulus Covid-19 dan apabila pelanggan memenuhi kriteria penerima bantuan maka kode token listrik akan muncul. Cara lainnya adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan sebelumnya dapat mendownload aplikasi ini dan melalukan login, setelah itu pilih menu Info & Promo dan klik PLN Peduli Covid-19. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini