Beranda Peristiwa 1.214 Rumah di Pandeglang Rusak Akibat Gempa

1.214 Rumah di Pandeglang Rusak Akibat Gempa

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban memberikan bantuan sosial untuk warga yang terdampak gempa di Kecamatan Jiput

PANDEGLANG – Sebanyak 1.214 rumah yang tersebar di 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang mengalami rusak akibat diterjang gempa 6,6 skala richter pada Jumat (14/1/2022) kemarin.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang gempa kemarin merusak sebanyak 1.214 rumah rusak tersebar di 28 kecamatan 125 desa.

Akibat gempa itu sebanyak 262 rumah mengalami rusak berat, 289 rumah rusak sedang dan 663 rumah mengalami rusak ringan. Selain rumah rusak, tempat tersebut juga merusak fasilitas pemerintah seperti 13 unit sekolah, 14 unit puskesmas dan 4 unit tempat ibadah.

Usai kejadian gempa, hari ini Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban turun langsung ke dua kecamatan yang terdampak gempa yakni Kecamatan Mandalawangi dan Jiput.

Selain mengunjungi warga yang terdampak gempa, Tanto juga memberikan bantuan sosial untuk warga berupa 32 paket sembako, sembilan paket alat dapur, 9 food ware, 4 velbed, dan 5 karpet lipat.

“Bantuan ini untuk sementara waktu yang dapat langsung dipakai oleh warga. Pendataan akan terus karena masih banyak masyarakat yang terdampak,” kata Tanto saat memberikan bantuan di Desa Sukacai Kecamatan Jiput, Sabtu (15/1/2022).

Ia juga mengatakan data masyarakat terdampak gempa akan terus dimutakhirkan, dan tahapan selanjutnya Pemkab Pandeglang sedang menyusun SK tanggap darurat.

“Pemerintah Pusat dan Provinsi akan ikut membantu dalam penanggulangan bencana, hari ini juga Ibu Bupati dan Kepala BNPB sedang meninjau wilayah selatan yang terdampak lebih besar,” ungkapnya.

Tanto melanjutkan, beruntung gempa kemarin tidak sampai menelan korban jiwa hanya beberapa warga saja yang mengalami luka ringan. “Berdasarkan laporan tidak ada yang meninggal Alhamdulillah, cuma 6 orang luka ringan dan sudah tertangani”,imbuhnya

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Jiput, Muhtar mengatakan kurang lebih ada 167 rumah yang rusak dampak dari gempa bumi yang tersebar di 7 desa yaitu Jiput, Sukacai, Bayuresmi, Sikulan, Sukamanah, Jayamekar dan Citaman.

“Ada 167 rumah. 15 rusak berat, 41 rusak sedang, dan 111 rusak ringan. Desa yang banyak terdampak di Sikulan sebanyak 61 rumah, Citaman 42 rumah, Jiput 6 rumah, Sukacai 7 rumah, Bayuresmi 1 rumah, Jayamekar 27 rumah, dan Sukamanah 23 rumah,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini