Beranda Peristiwa Penyebab Banjir Rangkasbitung, BPBD Lebak : Karena Ada Alih Fungsi Lahan

Penyebab Banjir Rangkasbitung, BPBD Lebak : Karena Ada Alih Fungsi Lahan

Kawasan Perumahan Palaton yang terendam banjir, di akibatkan saluran irigasi yang tak berfungsi dengan baik (Foto Andi/BantenNews.co.id)

LEBAK –¬†Banjir yang terjadi di Kabupaten Lebak, bukan hanya terpusat di Kota Rangkasbitung. Dua Kecamatan lainya yang berbatasan dengan Rangkasbitung yaitu Kecamatan Kalanganyar dan Kecamatan Cibadak juga terdampak banjir, Selasa (14/9/2021).

Saat ini puluhan rumah di tiga kecamatan terdampak banjir. Kondisi yang cukup parah terjadi di Kecamatan Rangkasbitung.

Dari Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak ada sekitar 789 rumah terendam banjir. Untuk rusak ringan 3 Rumah dan Rusak baret 1 rumah. Dari total 10 Desa yang terdampak di tiga kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan bahwa banjir ini karena curah hujan tinggi dan ektrim.

“Curah hujan ditambah meluapnya sungai, tetapi khusus di daerah perkotaan lebih kompleks. Karena disini ada alih fungsi lahan, kemudian ada bangunan-bangunan yang berdiri di atas badan sungai,” katanya.

Untuk beberapa Kecamatan di Kabupaten Lebak, memang sangat rentan terdampak banjir. BPBD Kabupaten Lebak juga memetakan beberapa kecamatan yang rawan banjir.

“Kita sudah memetakan, dari awal itu. Daerah rawan banjir itu ada 14 Kecamatan. Nah di dalam kecamatan tersebut ada klasifikasi nya. Ada daerh dengan sekor lima berarti itu sangat tinggi risikonya dan sangat rendah,” kata Febby.

Saat ini pihak BPBD Lebak bersama Tim Gabungan Penangulang Banjir, sudah berada di beberapa lokasi di Kota Rangkasbitung dan sekitar untuk mengontrol situasi keadaan banjir. (Mg-And/Red)