Beranda Nasional Luhut Ancam Proses Hukum Pengusaha Nakal Dampak Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Luhut Ancam Proses Hukum Pengusaha Nakal Dampak Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - foto istimewa bisnis.com

SERANG – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bakal menindak tegas pengusaha yang masih ‘bermain-main’ di tengah masih mahalnya harga minyak goreng.

Luhut bahkan mengajak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan atau BPKP untuk bersama-sama memantau pergerakan harga minyak goreng saat ini.

“Kami minta BPKP review dan dari situ kami baru tadi hitung harga yang patut dan pantas untuk diberikan,” kata Luhut melansir suara.com, Minggu (5/6/2022).

Dengan adanya pengawasan yang lebih ketat ini, Luhut pun menjamin bahwa harga minyak goreng bisa turun dalam waktu 2 minggu kedepan, khususnya harga minyak goreng curah. Dia mengimbau para pengusaha minyak goreng ataupun CPO tak perlu khawatir dengan penerapan kebijakan tersebut.

“Namun kami peringatkan bila ada pelaku usaha dengan sengaja mengambil keuntungan dengan cara tidak benar, maka pemerintah tidak akan segan ambil hukuman sesuai dengan UU berlaku,” tegasnya.

Luhut menerangkan bahwa kewajiban DPO dan DMO diterapkan bukan hanya di level produsen CPO dan minyak goreng, tapi juga juga sampai tingkat distributor.

Selain itu pemerintah menggandeng TNI dan Polri untuk mengawasi penerapan harga jual minyak goreng. Kejaksaan RI hingga pemerintah daerah juga diikutsertakan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini