Beranda Kesehatan Mandi Air Dingin Ternyata Punya 3 Efek Baik untuk Tubuh, Coba Maksimal...

Mandi Air Dingin Ternyata Punya 3 Efek Baik untuk Tubuh, Coba Maksimal 10 Menit

Ilustrasi - foto istimewa Grid.Id

SERANG – Mandi air dingin mungkin terdengar menyakitkan, tetapi cara ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

David Wiener, spesialis pelatihan dan nutrisi di Freeletics mengatakan mandi es batu ini dikenal sebagai mandi yang biasa digunakan dalam terapi olahraga setelah latihan intens.

Adapun manfaat kesehatan dari mandi es batu termasuk mempercepat pemulihan otot, mengurangi kerusakan otot dan meningkatkan sirkulasi darah setelah olahraga apapun.

Tapi dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id), ahli kesejahteraan, kebugaran dan nutrisi, Penny Weston mengatakan tidak semua orang bisa mandi es batu. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari mandi air dingin.

1. Mengatasi kelelahan, nyeri otot dan pemulihan

Mandi es batu bisa membantu meredakan nyeri otot dan meningkatkan sistem saraf pusat. Mandi es batu ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur yang bermanfaat ketika Anda terlalu lelah.

Bahkan, mandi es batu bisa meningkatkan waktu reaksi dan ledakan dalam latihan di masa mendatang.

2. Menjaga kesehatan mental

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mandi es batu bisa bermanfaat bagi kesehatan mental, karena bisa membantu Anda rileks dan fokus pada pernapasan.

Tapi, kebanyakan orang tidak menganggapkan sebagai pengalaman yang menyenangkan. Ahli mandi es Finlandia, Kyle Miller, menjelaskan bahwa mandi es batu menghadirkan tantangan fisik dan mental.

3. Memulihkan kesehatan dengan cepat

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mandi es batu tidak hanya mempercepat pemulihan otot, tapi juga membantu pemulihan lebih cepat,

Misalnya, pesepakbola membutuhkan pemulihan cepat di antara pertandingan atau pelari yang membutuhkan pemulihan cepat saat balapan.

Meski begitu, ada beberapa risiko kesehatan dari mandi es batu. Berendam dalam air dingin bisa membuat tubuh shock dan memicu hipotermia.

Mandi es batu juga bisa menurunkan suhu inti tubuh dengan menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke tubuh. Jika Anda memiliki kondisi kardiovaskular atau tekanan darah tinggi yang sudah ada sebelumnya, bicarakan dengan dokter Anda atau hindari mandi es sama sekali.

Penny juga menyarankan Anda tidak perlu terlalu lama berendam es batu. Karena, berendam es batu lebih dari 10 menit bisa menyebabkan hipotermia dan radang dingin.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini