Beranda Pendidikan Yuk Kenali Ciri ADHD Pada Anak Sejak Dini

Yuk Kenali Ciri ADHD Pada Anak Sejak Dini

Ilustrasi - Foto istimewa

TANGERANG – Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah kondisi di mana seseorang memiliki kesulitan untuk fokus, hiperaktif, dan impulsif. ADHD pada umumnya mulai terlihat sejak usia dini, dan cenderung berlanjut hingga dewasa. Kondisi ini juga dapat memengaruhi kepercayaan diri, kesulitan bersosialisasi, dan menghambat kegiatan di sekolah dan kantor.

Maka dari itu, yuk kenali beberapa ciri umum kondisi ADHD yang ada pada seseorang terutama anak-anak!

1. Kesulitan Fokus

Ciri pertama pada ADHD adalah kesulitan untuk fokus. Jika anak terlihat tidak bisa fokus pada satu hal yang ia kerjakan, itu bisa menjadi ciri pada ADHD. Mereka pada umumnya akan mudah terdistraksi dengan hal-hal kecil yang mereka lihat atau dengar.

2. Tidak Sabar

Memiliki sifat tidak sabar sesekali memang wajar pada anak-anak. Tetapi, jika ketidaksabaran ini terus menerus terjadi, bisa menjadi indikasi lain seorang anak memiliki kondisi ADHD.

3. Tidak Bisa Diam atau Hiperaktif

Anak pada umumnya memiliki sifat aktif terlebih dengan keingintahuannya yang banyak. Jika anak terlalu aktif, tidak bisa duduk diam dengan tenang adalah ciri lain dari ADHD. Contohnya, ketika duduk mereka akan menggoyangkan atau menghentakkan kaki.

4. Kesulitan Menyelesaikan Tugas

Ketika diminta menyelesaikan sebuah tugas, mereka tidak dapat menyelesaikannya. Pikiran mereka cenderung berjelajah ke hal-hal lain. Jika sudah memasuki masa sekolah, ini dapat menghambat perkembangan akademis anak.

Itu lah beberapa ciri umum kondisi ADHD yang harus diketahui. Jika ingin memeriksakan anak lebih lengkap, orang tua dapat mengunjungi psikolog anak. Di Kota Tangerang, terdapat Pusat Pembelajaran Keluarga atau Puspaga yang dapat melayani hal tersebut. Selain itu, Kota Tangerang juga memiliki 79 Sekolah Inklusi, dari jenjang TK hingga SMP.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini