Beranda Sosial Yuk Bantu Keluarga Zahra, Siswi SMP di Kresek yang Tak Makan Dua...

Yuk Bantu Keluarga Zahra, Siswi SMP di Kresek yang Tak Makan Dua Hari

LAZ Harfa Banten memberi bantuan untuk keluarga Zahra. (Ist)

TANGERANG – Zahra Amelia Putri, siswi SMP di Kresek, Kabupaten Tangerang menjadi ‘viral’ karena tidak makan dua hari sebab kesulitan ekonomi. Kondisi ini membuat banyak pihak prihatin. LAZ Harapan Dhuafa (Harga) Banten, akhir pekan kemarin menyambangi kediaman Zahra di Kampung Masigit, Desa Cibetok, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupatrn Tangerang. Zahra tinggal bersama Akhmad, ayahnya yang merupakan penyandang cacat.

Sejak kecelakaan yang dialami Akhmad 2012 silam, kondisi keluarga dan ekonominya semakin carut marut. Ia tak bisa lagi bekerja di pasar dan harus berpisah dengan istri serta anak-anaknya, hanya Zahra yang saat ini masih menemaninya.

“Keseharian saya sejak kecelakaan dan tak bisa jalan normal ya seperti ini, hanya bisa membuat kandang burung untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Kalau sepi order, paling nunggu belas kasih dari para tetangga,” ujar Akhmad, Sabtu (23/11/2019).

Sebelum kecelakan, Akhmad masih bisa jualan sayur di pasar. “Sekarang keadaannya udah beda, saya sulit untuk bisa melakukan apa-apa, bahkan buang air kecil pun harus ditampung dan dilakuin di kamar,” ujarnya.

Zahra, siswi SMPN 1 Kresek Tangerang ini juga mengungkapkan bahwa memang sering sekali tidak makan dalam beberapa hari, bahkan jarang sekali sarapan jika berangkat ke sekolah. Mengayuh sepeda sambil menahan lapar udah jadi hal biasa bagi Zahra. Tekadnya untuk bisa tetap sekolah memang sangat tinggi.

“Kadang biar bisa bantu ekonomi keluarga, Zahra harus bantu tetangga dulu agar dapat upah, apa aja dilakuin termasuk bantu jualan ketoprak. Hasilnya lumayan untuk makan Zahra sama bapak hari itu, walaupun seringnya kami harus nahan lapar karena ngga ada apa-apa di rumah. Masih ada nasi aja udah bersyukur banget walau gak ada lauk. Zahra pengen bantu Bapak, Zahra pengen sekolah yang bener biar bisa jadi dokter,” ungkap Zahra

Mamak Jamaksari,  Manager Program dan Kemitraan Harapan Dhuafa mengungkapkan, kondisi keluarga Zahra ini cukup memprihatinkan dan butuh bantuan banyak pihak. “Kami sebagai lembaga kemanusiaan tentu saat ini berkomitmen untuk membantu keluarga Pak Akhmad ini bisa berdaya dan membantunya agar mencukupi kebutuhan keluarganya sendiri, juga berupa bantuan sarana air bersih dan bedah rumah,” ujarnya.

Rumah yang didiami Zahra sama ayahnya tidak layak, atap sudah  bocor dan lapuk. Ada dua kamar, namun hanya satu kamar yang digunakan untuk semua aktivitas. “Bahkan buang air kecil pun bapaknya masih harus ditampung di dalam botol dan ditumpuk di dalam ruangan tersebut. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan.” Jelas Mamak.

Untuk anda yang juga ingin membantu keluarga Zahra agar bisa hidup lebih layak,  bisa sampaikan kepeduliannya melalui http://channelkebaikan.org atau transfer melalui BNI Syariah 0264089319 dengan kode donasi 035 dibelakang donasi. Atau kunjungi langsung kantor layanan kami di Jalan Graha Raya Bintaro Ruko Anggrek Loka, Blok A8, No.11 A Kec. Serpong Utara Kota Tangerang Selatan Banten 15324. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini