Beranda Pendidikan YPI Baitul Maal Tangsel Kembangkan Metode Belajar Baru untuk Anak

YPI Baitul Maal Tangsel Kembangkan Metode Belajar Baru untuk Anak

Yayasan Pengembangan Infaq (YPI) Baitul Maal, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencoba menjalankan metode Beyond Circle and Center Time (BCCT). (Foto Ihya Ulumuddin/BantenNews.co.id)

TANGSEL – Dalam mengembangkan metode belajar baru untuk anak, Yayasan Pengembangan Infaq (YPI) Baitul Maal, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencoba menjalankan metode Beyond Circle and Center Time (BCCT).

Metode BCCT sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melatih perkembangan anak dengan mengunakan metode bermain yang di design dalam bentuk sentra. Hal itu demi mempelajari hal baru dan pengalaman belajar yang akan memperkaya pengetahuan untuk anak.

Ketua Pendidikan Islam untuk Anak (PPIA) Baitul Maal Kota Tangsel, Maya Yunus mengatakan, metode BCCT akan banyak dimanfaatkan anak dalam mempelajari hal baru dan pengalaman belajar yang akan memperkaya pengetahuan mereka.

“Memasuki usia 30 tahun, Yayasan Pengembangan Infaq (YPI) Baitul Maal, terus berupaya mengembangkan metode BCCT. Pengembangan metode ini telah dimodifikasi dan diterapkan mulai dari TK, SD dan SMP didalam naungan YPI Baitul Maal,” kata Maya dalam sambutannya saat peringatan HUT 30 YPI Baitul Maal yang diselenggarakan di Situ Gintung 3, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Minggu (28/7/2019) pagi.

Menurut Maya, YPI Baitul Maal semakin berkembang dengan mendirikan lembaga formil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh dengan nama Lembaga ZISWAF, lembaga Da’wah dan Syi’ar Islam, serta lembaga pendidikan yang diberi nama Pusat Pendidikan Islam Untuk Anak (PPIA) Baitul Maal.

“Sekarang PPIA sudah ada murid sampai 1200 lebih, mulai dari TK, SD dan SMP. Anggaran ini salah satunya bersumber dari sumbangan orang tua, selain itu ada sekitar 200 karyawan bernaung di YPI Baitul Maal untuk mengembangkan dunia pendidikan,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, tampak kerjasama orang tua dan anak dapat diterapkan sangat baik. Anak-anak pun tampak fokus dengan menggambar setelah melakukan berbagai permainan.

Informasi yang berhasil diperoleh, YPI Baitul Maal memiliki program andalan yakni program sekolah gratis yang bakal diterapkan guna mewujudkan pendidikan. Selain TK, SD dan SMP, sasaran YPI Baitul Maal akan menyasar pada tingkat SMA sederajat.

Dalam menghadapi tantangan global, YPI Baitul Maal berupaya terus menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dengan mengoptimalkan kemampuan anak dan mengarahkan agar pendidikan anak dapat terjamin. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini