Beranda Pemerintahan Yon Mandala Yudha Laksanakan Karya Bakti

Yon Mandala Yudha Laksanakan Karya Bakti

Batalyon Mandala Yudha melaksanakan kegiatan ziarah dan karya bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirna Rana di Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut HUT Ke-1 Batalyon Mandala Yudha di Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira. (Ali/bantennews.co.id)

LEBAK – Batalyon Mandala Yudha melaksanakan kegiatan ziarah dan karya bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirna Rana di Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut HUT Ke-1 Batalyon Mandala Yudha di Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira.

“Batalyon Mandala Yudha akan memperingati HUT ke-1 pada tanggal 6 Desember mendatang. Kemudian berkaitan acara itu kita melaksanakan kegiatan ini (ziarah dan karya bakti),”kata Wakil Komandan Batalyon Mandala Yudha Letkol Arinoviyan di TMP Sirna Rana Rangkasbitung

Menurutnya, kegiatan ziarah dan karya bakti berupa membersihkan area TMP sebagai tradisi satuan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan. Kemudian juga bagi prajurit untuk memberikan nilai kejuangan.

“Semangat kejuangan yang dicontohkan para pahlawan. Kegiatan ini sebagai tradisi kesatuan,”katanya.

Lebih lanjut Arinoviyan, kegiatan ziarah dan karya bakti merupakan yang perdana kali dilaksanakan.
“Harapan kedepan, khusus Mandala Yudha baru saja berdiri di Lebak ini dapat bersinergi seluruh komponem masyarakat. Kemudian keberadaan satuan ini bisa menjadi bagian masyarakat mebangun, memajukan wilayah Kabupaten Lebak,”katanya.

Lurah Rangkasbitung Barat Yayan Mulyana mengapresiasi, Batalyon Mandala Yudha yang melaksanakan kegiatan ziarah dan karya bakti membersihkan area makam para pahlawan,

“Kebetulan Makam Pahlawan ada di Kelurahan Rangkasbitung Barat dan syukur alhamdulilah kita diajak turut serta dalam kegiatannya. Ini pertama kali dilaksanakan karena memang Mandala Yudha baru didirikan,”katanya.

Yayan mengatakan, kegiatan tersebut sangat manfaat dan dapat membangkitkan dan memotivasi rasa nasionalisme untuk lebih mencintai tanah air tercinta dan menghormati para pahlawan.

“Intinya rasa nasionalisme kita terbangun dan menjadi pengingat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan. Karena Indonesia merdeka berkat jasa para pahlawan serta tumbuhnya persatuan dan kesatuan dari Sabang sampai Merauke untuk mengusir penjajah dari tanah air ini,” katanya. (Ali/Red)